Pengembangan Bahan Ajar Leaflet Berdasarkan Teori Bruner Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Noor Fu'jiyat, Widya Kusumaningsih, Aurora Nur Aini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan bahan ajar leaflet dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI OTKP 1 dan XI OTKP 2 yang dipilih secara acak. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari rata-rata nilai pre-test, post-test, dan N-Gain. Kemudian dianalisis dengan Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji t, dan Uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai N-Gain kelas kontrol 0,3 sedangkan untuk kelas eksperimen 0,8. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan bahan ajar leaflet berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi program linear.


Keywords


kemampuan berpikir kritis; bahan ajar; leaflet

Full Text:

PDF

References


Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. USA: Springer New York Dordreccht Heidelberg London.

Chuang, T. Y., & Chen, W. (2007). Effect of digital games on children's cognitive achievement. Journal of Multimedia,2(5), 27-30.

Fatimah, S. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran IPA-Fisika Smartphone Berbasis Android Sebagai Penguat Karakter Sains Siswa. JurnalKaunia Vol. X No. 1, 59-64.

Kaliky, S., & Juhaevah, F. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA dalam Menyelesaikan Masalah Identitas Trigonometri Ditinjau dari Gender. . Matematika Dan Pembelajaran, 6(2), 111.

Kitot, A. K., Ahmad, A. R., & Seman, A. A. (2010). The Effectiveness of Inquiry Teaching in Enhancing Students’ Critical Thinking. Procedia Social and Behavioral Sciences 7(C), 264-273.

Nahar, N. I. (2016). Penerapan Teori Belajar Behavioristik Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial. Vol. 1, 64-74.

Perangin-angin, A. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang Di Ajar Dengan Model Pembelajaran Elaborasi Dengan Model Pembelajaran Konvensional. Jurnal Penelitian Fisikawan, 3(1), 43-50.

Rahajeng, S. P. (2012). Kesulitan Belajar Matematika. Krida Rakyat, 2(2).

Rajagukguk, W. (2011). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Dengan Penerapan Teori Belajar Bruner Pada Pokok Bahasan Trigonometri Di Kelas X Sma Negeri 1 Kualuh Hulu Aek Kanopan T.A. 2009/2010. VISI (Majalah Universitas HKBP Nommensen), 19 (01). ISSN 0853-0203.

Supandi, Ariyanto, L., Kusumaningsih, W., & Aini, A. (2018). Mobile Phone Application For Mathematics Learning. Jurnal Of Physics.

Thena, M., & Sismulyasih, N. (2019). Keefektifan Leaflet Keterampilan Meringkas Teks Eksplansi Kelas V Menggunakan Model Cooperative Script. Joyful Larning Journal, 8 (2).

Wahyuni, S. (2015). Pengembangan Bahan Ajar. Prosiding Seminar Nasional dan Pendidikan Fisika (SNFPF). 6(1), (hal. 30-305).

Wati, E. W., Kaspul, K., & Arsyad, M. (2020). Leaflet-Based Learning Media Development in Structural Materials and Function of Class XI Animal Tissues. Leaflet-Based Learning Media Development in Structural Materials and Function of Class XI Animal Tissues., 64-69.

Zubaidah, S. (2010). Berpikir Kritis: Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi yang Dapat Dikembangkan melalui Pembelajaran Sains. Seminar Nasional Sains 2010 dengan Tema “Optimalisasi Sains untuk Memberdayakan Manusia (hal. 1-14). Surabaya: Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.

Zuliana, E., Retnowati, E., & Widjajanti, D. (2019). How should elementary school students construct their knowledge in mathematics based on Bruner’s theory? Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1318, No. 1, p. 012019).




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v5i2.13723

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.