Efektifitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Discovery Learning (DL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Berbantu Prezi di SMP

Eka Yuni Mawar Dani, Noviana Dini Rahmawati, Aurora Nur Aini

Abstract


Keberhasilan belajar peserta didik salah satunya dipengaruhi oleh keterlibatan guru dalam kegiatan pembelajaran. Namun, guru masih menggunakan metode ceramah dalam menyampaikan materi pembelajaran. Kendala yang dihadapi dalam proses pembelajaran matematika sebagai berikut: (1) kurangnya minat siswa terhadap pembelajaran matematika (2) pembelajaran matematika menjadi momok yang menakutkan (3) model pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi, terkesan monoton dan cara mengajar guru yang teacher centered (4) kurangnya motivasi guru untuk melakukan inovasi model pembelajaran dan media pembelajaran. Tujuan penelitian dilakukan yaitu untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran PBL dan DL berbatu media Prezi terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitan yang dilakukan merupakan salah satu penelitian eksperimen yaitu Quasi Eksperimen (Eksperimen semu). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat perbedaan efektifitas menggunakan model pembelajaran PBL dan DL (2) Efektifitas menggunakan model pembelajaran PBL lebih baik dari pada pembelajaran konvensional (3) Efektifitas menggunakan model pembelajaran DL lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional (4) Tidak terdapat perbedaan hasil belajar menggunakan model pembelajaran PBL dengan DL (5) Hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran PBL dapat mencapai ketuntasan individu dan klasikal (6) Hasil pembelajaran siswa yang menggunakan model pembelajaran DL dapat mencapai ketuntasan individu tetapi belum mencapai ketuntasan klasikal.


Keywords


efektivitas; PBL; DL; hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Amin, A. K., Degeng, N. S., Setyosari, P., & Djatmika, E. T. (2021). The Effectiveness of Mobile Blended Problem Based Learning on Mathematical Problem Solving. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 15(1). https://doi.org/10.3991/IJIM.V15I01.17437

Amin, S., Murtono, Achmad, H. M., Ardianti, S. D., & Gung, Y. T. (2021). The Effect of Discovery Learning on Science Learning Achievements for Elementary School Students. Asian Pendidikan, 2(1 (2)).

Ba’ru, Y. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Minat Siswa Kelas VII SMP Negeri Di Kota Rantepao. Jurnal Daya Matematis, 4(1). https://doi.org/10.26858/jds.v4i1.2454

Darmawan, U., Redjeki, S., & Widhorini, W. (2020). Interactive multimedia: Enhacing students’ cognitive learning and creative thinking skill in Arthropod material. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 6(2). https://doi.org/10.22219/jpbi.v6i2.11370

Hosman, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Kencana.

Ilhan, A., & Ekber Gülersoy, A. (2019). Discovery learning strategy in geographical education: A sample of lesson design. Review of International Geographical Education Online, 9(3). https://doi.org/10.33403/rigeo.672975

Khotimah, R. P., Ahmad, C. N. C., Adnan, M., & Murtiyasa, B. (2021). The Development of STEM-Discovery Learning Module in Differential Equations: A Need Analysis. Review of International Geographical Education Online, 11(4). https://doi.org/10.33403/rigeo.8006808

Novianti, A., Bentri, A., & Zikri, A. (2020). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1). https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.323

Paradina, D., Connie, C., & Medriati, R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas X. Jurnal Kumparan Fisika, 2(3). https://doi.org/10.33369/jkf.2.3.169-176

Primantiko, R., Asrul, A., & Tiro, A. R. (2021). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2). https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1134

Puspitasari, Y., & Nurhayati, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 7(1). https://doi.org/10.47668/pkwu.v7i1.20

Qomusuddin, I. F. (2019). Statistik Pendidikan (Lengkap dengan Aplikasi IBM SPSS Statisticc 20.0). Yogyakarta: Deepublish.

Rifa’i, M. M., Tanuki, Jalal, N. M., Sudarmaji, I., Lubis, N. F., Hudiah, A., … Mangsi, R. (2022). Model Pembelajaran Kreatif, Inspiratif dan Motivatif. Cirebon: Anggota IKAPI.

Sari, Y. I., Sumarmi, Utomo, D. H., & Astina, I. K. (2021). The Effect of Problem Based Learning on Problem Solving and Scientific Writing Skills. International Journal of Instruction, 14(2). https://doi.org/10.29333/iji.2021.1422a

Shadiq, F. (2017). What Can We Learn from the ELPSA, SA, and PSA Frameworks? The Experience of SEAQiM. Southeast Asian Mathematics Education Journal, 7(1). https://doi.org/10.46517/seamej.v7i1.46

Shoimin, A. (2013). 68 Model Pembelajaran INOVATIF dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Simanjuntak, M. P., Hutahaean, J., Marpaung, N., & Ramadhani, D. (2021). Effectiveness of problem-based learning combined with computer simulation on students’ problem-solving and creative thinking skills. International Journal of Instruction, 14(3). https://doi.org/10.29333/iji.2021.14330a

Sugiarti, & Husain, H. (2021). An influence of the contextual-based discovery learning model on the academic honesty of high school students. International Journal of Instruction, 14(3). https://doi.org/10.29333/iji.2021.14338a

Yurniwati, Y., & Handayani, R. (2019). Pengaruh Metode Realistic Mathematics Education terhadap Kemampuan Matematis Ditinjau dari Konsep Diri pada Siswa SD. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1). https://doi.org/10.33603/jnpm.v3i1.1020




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v5i1.13918

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.