Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Peluang Kelas VIII
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi profil kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII i SMP N 3 Pemalang daalam menyelesaikan soal. Penelitian ini termasuk dalam Qualitatif Reaserch dan bersifat case study dengan subjek penelitian sembilan siswa yang terbagi menjadi kemampuan tinggi, sedang, rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah profil kemampuan komunikasi matematis siswa dengan kemampuan kognitif tinggi memiliki kemampuan komunikasi tinggi, kemampuan kognitif sedang memiliki kemampuan komunikasi matematis sedang, dan kemampuan kognitif rendah memiliki kemmpuan komunikasi yang rendah pula, dengan prosentase 82% kemampuan komunikasi yang digunakan pada sisiwa kemampuan tinggi, 79% kemampuan komunikasi yang digunakan pada siswa kemampuan sedang, dan 37% kemampuan komunikasi yang digunakan pada siswa kemampuan rendah. Kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika yang dilakukan siswa kemampuan rendah berupa kesalahan konsep, prinsip, dan operasional.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Aurellia, F. (2014). Komunikasi Interpersonal Antara Pelanggan Dengan Calon Pelanggan Dalam Merekomendasikan Event Organizer. Jurnal e-komunikasi program Studi Ilmu Komunikai Univ.Kristen Petra, Surabaya.
Awa, A, Hulukati, E., & Mohidin, A. D. (2013). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Memahami Volume Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Gorontalo.
Burais, F. F. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Meningkatkan kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Didaktik Matematika. ISSN: 2355-4185.
CDIO. (2007). Communication of Mathematics as a tool to improve studentts General Comunicative Skills. Proceedings of 3rd Interational CDIO Conference, MIT, Cambrige, Massach setts, USA, June-11-14, 2007.
Cheng, E. (2013). Learning Study. Education Working Papers no.94. OECD Publishing 2013. http://idx.doi.org/10.1787/5k3wip0595p-en.
Dede Tresnawati, C.(2013). Peran Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Berfikir Kreatif serta disposisi Matematika Siswa SMA. Jurnal Infinity, 2 (2).
Gunawan, S. A. (2014). Proses Komunikasi Antara Guru Dengan Peserta Didik di Elyon International Christen School Dengan Manggunakan Second Language. Jurnal e-komunikasi program Studi Ilmu Komunikai Univ. Kristen Petra, Surabaya.
Iriantara, Y. (2013). Komunikasi Pendidikan. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Kartono, S. (2015). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP pada Model Pembelajaran TSTS dengan Pendekatan Scientifik. Unnes Journal of Mathematics Education. ISBN : http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Buku Guru Matematika Kelas VIII. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Kosko, K. W., dan Wilkins, J. L. M. (2010). Mathematical Communication and Its Relation to the Frequency of Manipulative Use. International Electronic Journal of Mathematics Education. Vol. 5. No.2. Disajikan di http://connection.ebscohost.com/c/articles /52424453/mathematical-communication-relation-frequency-manipulative-use. Diakses 20 Desember 2014.
Kurniasi, E. R. (2013). Penerapan Model Siklus Belajar Empiris Induktif untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematis Siswa SMP. Jurnal respository upi Akses http://respository.upi.edu.
Malute, R. D. (2014). Kompetensi Komunikasi Manager Proyek Mozart Interior Saat Presentasi dan Lobby dengan Klien. Jurnal e-komunikasi program Studi Ilmu Komunikai Univ. Kristen Petra, Surabaya.
Moleong, L.J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarta.
Murtiyasa, B. (2012).Tantangan Pembelajaran Matematika Era Global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika UMS 2015. ISSN 2460-5840 978.602.361.002.0
OECD. (2012). Education at Glance 2012. OECD Indicators.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 54 Tahun 2013 (2013). Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 58 Tahun 2014 (2013). Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah , Jakarta.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 103 Tahun 2014 (2014). Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Jakarta.
Peraturan Mentri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006. Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
PISA 2009 Results: What Students Know and Can Do Student Performance in Reading, Mathematics and Science Volume I.
Prasetya, D. N. P. (2014). Analisis Komunikasi Matematis Siswa dalam Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Program studi Pendidikan Matematika Universits Muhamadiyah Purworejo.
Prayitno, S., Suwarsono, St., Siswono, T. Y. E. (2013). Identifikasi Indikator Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berjenjang pada tiap-tiap Jenjangnya. KNPM: Himpunan Matematika Indonesia. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta dan UNESSA.
Rachmayani, D. (2014). Penerapan Pembelajaran Reciprokal Teaching untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Kemandirian Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan UNSIKA. ISSN 2338-2996.
Satori, D. & Komariah, A. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Umar, W. (2012). Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Infinity, 1(1), 1-9.
DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v4i6.14549
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.