Profil Berfikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Soal HOTs Ditinjau dari Adversity Quotient Berdasarkan Gender

Cicik Maryanti, Widya Kusumaningsih, Dhian Endahwuri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil berfikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal HOTS ditinjau dari Adversity Quotient berdasarkan gender. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini dipilih berdasarkan tes angket Adversity Quotient yaitu 2 siswa laki-laki dengan jenis AQ climbers satu dan AQ campers satu, dan  2 siswa perempuan dengan jenis AQ climbers  satu dan  AQ campers satu. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII D SMP N 2 Juwangi kabupaten Boyolali yang dipilih berdasarkan hasil tes angket. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu tes angket Adversity Quotient untuk menentukan subjek penelitian, Soal HOTS tertulis untuk memunculkan berfikir kreatif siswa, dan pedoman wawancara. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik yaitu melakukan pengecekan data yang telah diperoleh dari sumber yang sama menggunakan teknik yang berbeda. Hasil tes dan wawancara 1) siswa laki-laki dengan jenis AQ climbers memenuhi indikator berfikir kreatif yaitu lancar, luwes, orisinil, dan terperinci, sehingga memperoleh nilai 83. 2) siswa laki-laki dengan jenis AQ campers memenuhi indikator berfikir kreatif yaitu lancar, luwes, dan terperinci, sehingga memperoleh nilai 75. 3) siswa perempuan dengan jenis AQ climbers memenuhi indikator berfikir kreatif lancar, luwes, orisinil, dan terperinci, sehingga memperoleh nilai 100. 4) siswa perempuan dengan jenis AQ campers memenuhi indikator berfikir kreatif lancar, luwes, dan orisinil, sehingga memperoleh nilai 78.


Keywords


Profil; Berfikir Kreatif; Adversity Quotient; Soal HOTS; Gender

Full Text:

PDF

References


Al-Hajjaj, Y. A. (2010). Kreatif atau Mati : 30 Kiat Meledakkan Kreatifitas Anda. Surakarta: Al-Jadid.

Anderson, & Krathwhol, D. R. (2002). A Revision of Bloom`s Taxonomy: An Overview.

Arvianto, I. (2018). Proses Berfikir Kreatif Mahasiswa dalam Pengajuan Masalah matematika Ditinjau dari Perbedaan Gender. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) 6 (2), 99-108.

Aziz, A. &. (2014). Proses Berfikir Kreatif dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Tipe Keoibadian Dimensi Myer-Briggs Siswa kelas VIII MtsN Sulaga Lombok Timur Tahun Pelajaran 2013/14. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika.

Desti, E. ,. (2019). Pengaruh Berfikir Kreatif Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika. seminar matematika dan pendidikan matematika UIN Raden Intan Lampung, 05, 525-532.

Desti, E. A. (2019). Pengaruh Berfikir Kreatif Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UIN Raden Intan Lampung, 525-532.

Fitriah, I. &. (2014). Metakognisi Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau Dari Kemampuan Matematika dan Gender. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(3).

Hassoubah, Z. I. (2008). mengasah pikiran kreatif dan kritis disertai ilustrasi dan latihan (1st ed). nuansa.

Krulik, S. &. (2014). Teaching Mathematics In Middle School: A Practical Guide. Boston: Ma. D.C. Keath And Company.

Kusumaningsih, W., Setiawan, P. Y., & Utami, R. E. (2020). Profil Berfikir Aljabar Siswa SMP Dalam Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari gaya Kognitif dan Gender. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5, 1.

Kwon, O. N. (n.d.). Cultivating Divergent Thingking in Mathematics through an Open-Ended Approach . Asia Pasific Education Review, 7(1), 51-61.

Stolts, P. G. (2005). AQ Mengubah Hambatan Menjadi Peluang. Jhon Willey.

Stoltz, G. P. (2000). Adversity Quotient : Mengubah Hambatan Menjadi Peluang. Alih Bahasa : T Hemaya.

Stolzt, G. (2000). Turning Obstacles Into Opportunities. United State : John Wiley & Sons, Inc, 18-20.

Sugiyono. (2010). Memahami Penelitian Kualitatif. 246-252.

Wulandari, A. &. (2016). Hubungan Kemampuan Berfikir Kreatif dan Pemahaman Konsep Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika. Equivalen, 124-129.

Yanuar, T., Prasetyowati, D., & Endahwuri, D. (2022, Januari 1). Profil Tingkat Berfikir Geometri Siswa Berdasarkan Teori Van Hiele ditinjau Dari Gender. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, hal 74-85.

Zubaidah, A. (2013). Perspektif Gender dalam Pembelajara n Matematiika. Marwah, hal 14-31.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v5i3.14899

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.