Pengaruh Kecemasan Matematika dan Self efficacy Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI MA Labuhanhaji Timur

Mohd. Al Barzanji, Tasnim Rahmat

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa yang disebabkan oleh beberapa faktor antara lain tingginya tingkat kecemasan siswa dalam belajar matematika dan kurangnya keyakinan siswa dalam pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di MA Labuhanhaji Timur. Hal tersebut diduga berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa. Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1)Apakah terdapat pengaruh signifikan kecemasan matematika terhadap hasil belajar matematika? 2)Apakah terdapat pengaruh signifikan self efficacy terhadap hasil belajar matematika? 3)Apakah terdapat pengaruh signifikan kecemasan matematika dan self efficacy secara simultan terhadap hasil belajar matematika? Jenis penelitian ini adalah penelitian Ex Post Facto dengan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MA Labuhan Haji Timur yang terdiri 28 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah 28 orang siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampel jenuh. Instrumen dalam penelitian ini berupa Angket kecemasan matematikadan angket self efficacy. Data dianalisis menggunakan uji regresi berganda. terdapat pengaruh yang signifikan self efficacy terhadap hasil belajar matematika. Persamaan regresi berganda yang diperoleh Y = 39,695-0,042 X1+0,465 X2  dengan nilai koefisien korelasinya 0,805 yang menunjukkan hubungan yang kuat dan koefisien determinan sebesar 62,25%. Uji kebermaknaan regresi berganda diperoleh F hitung = 51,567 > F tabel = 3,37. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan kecemasan matematika dan self efficacy secara simultan terhadap hasil belajar matematika siswa dalam pembelajaran matematika. Sesuai dengan teori yang menyatakan bahwa kecemasan matematika dan kemampuan diri berpengaruh terhadap hasil belajar. 


Keywords


kecemasan matematika; self efficacy; hasil belajar matematika

Full Text:

PDF

References


Annisa Julianti. 2019. Pengaruh Kecemasan Matematis dan Konsep Diri Terhadap Hasil Belajar Siswa. ( Banten : Jurnal pendidikan Matematika Universitas Sultan Agung Tirtayasa, Vol 4, No 2, ISSN 2579-9827.

Arny Hada In da, 2017, Keefektifan Model Aptitude Treatment Interaction Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kemampuan diri, Universitas Negeri Yogyakarta.

Emzir, 2017. Metodologi Penelitian Pendidikan (Kuantitatif dan Kualitatif), (Ct. 10: Depok; Raja Grafindo Persada).

Ghufron & Risnawati, 2019. Teori Psikologi. (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media).

Hafziani dkk. 2015. Pendekatan Concrete Pictorial Abstract (CPA), Kecemasan Matematis, Self Eficacy Matematis, Instrumen dan Rancangan Pembelajarannya. ( Jawa Barat : UPI Sumedang Press, 2019, h.17-18

Heris Hendriana dkk,2019. Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa , (Bandung: PT Refika Aditama).

Ikhsan, 2019. Muhammad. Pengaruh Kecemasan Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Sukabumi. Vol. 2 . No. 1.

Isnaniah dkk, 2019. Pengaru Penerapan Model Pembelajaran Means-End Analiysis Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Matematika Siswa Kelas VIII SMP N 1 Rao, Juring Vol 2, No 2. Bukittinggi.

Julia, Imelda, Dodi Pasila Putra dan Haida Fitri. 2020. Pengaruh Kecemasan Matematika Terhadap Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Kelas VII MTsN 4 Pasaman Barat. Jurnal For Research In Mathematics Learning. Vol.2, No. 4.

Julianti, Annisa. 2020. Pengaruh Kecemasan Matematika dan Konsep Diri Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Vol. 4. No. 2.

Mellisyah Arianti, 2017. “Keyakinan Diri (Self Efficacy) dan Interaksi Perilaku Mencontek Pada Saat Ujian (Studi Kasus Sekelompok Mahasiswa Jurusan BPI)”,(Palembang: Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.

Rifai, Muh Ekhsan. 2018. Pentingnya Kepercayaan Diri dan Dukungan Keluarga dalam Kecemasan Matematika. Edisi Revisi. ( Jawa Tengah : CV Sindunata).

Rusdi dkk, 2019. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siwa Berdasarkan Gaya Belajar. Al Khawarizmi, Vol 3, No 1 Bukitinggi.

Slameto, 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, (Jakarta: Rineka Cipta).

Siti umaroh dkk, 2020. Pengaruh Self-Efficacy dan Kecemasan Matematika Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP, Jurnal Unitirta Vol 1 No 1.

Tya Anggreini, 2009. Pengaruh Antara Kecemasan Dalam Menghadapi Mata Pelajaran Matematika Dengan Prestasi Akademik Matematika Pada Remaja.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v5i3.15368

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.