Profil Kecerdasan Emosional Siswa saat Belajar Matematika pada Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan potret kecerdasan emosional siswa saat belajar matematika dengan pembelajaran daring. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 22 siswa kelas VIII.5 selanjutnya dipilih 4 siswa berdasarkan klasifikasi perangkat belajar yang digunakan yaitu menggunakan perangkat belajar handphone, handphone dan laptop, handphone dan komputer, dan menggunakan perangkat belajar ketiganya. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu penyebaran angket perangkat belajar, angket kecerdasan emosional, dan wawancara. Teknik analasis data dilakukan dengan 3 tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik yaitu membandingkan hasil angket kecerdasan emosional dengan hasil wawancara. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh bahwa 1) siswa yang kecerdasan emosionalnya tinggi yaitu siswa yang menggunakan perangkat belajar handphone & laptop dan menggunakan perangkat belajar ketiganya, karena siswa mampu mengenali emosi dirinya, mampu mengelola emosi diri, dapat memotivasi diri, dapat mengenali emosi orang lain, serta membina hubungan baik dengan orang lain. 2) siswa yang kecerdasan emosionalnya sedang yaitu siswa yang menggunakan perangkat belajar handphone saja, karena saat mengikuti pembelajaran daring siswa kurang mampu mengelola emosinya dengan baik. 3) siswa yang kecerdasan emosionalnya rendah yaitu siswa yang menggunakan perangkat belajar handphone & komputer, karena saat mengikuti pembelajaran siswa tidak mampu mengelola emosinya dengan baik dan rendahnya motivasi siswa dalam belajar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Prasetyowati, D., Indiati, I., & Nayla, A. (2021). Analisis Keterlaksanaan Perencanaan Dan Proses Kegiatan Pembelajaran Praktik Di Smk Selama Pandemic Covid 19. Jurnal Riptek, 15(2), 69-74.
Goleman, D. (2000). Emotional Intelligence (Kecerdasan Emosional). Jakarta: Gramedia Pustaka Umum.
Gottman, J. (2001). Kiat-Kiat Membesarkan Anak yang Memiliki Kecerdasan Emosional. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Hidayati, R. Y. (2008). Hubungan Kecerdasan Emosi dan Stres Kerja Pada Kinerja Karyawan. (Vol 2, No 1).
Ibrahim, I. (2012). Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah yang Menghadirkan Kecerdasan Emosional. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi , Vol.1, No.1, 45-61.
Prawira, P. A. (2012). Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Rosita, M., Shodiqin, A., & Prasetyowati, D. (2020). Profil komunikasi matematis siswa SMP pada materi relasi dan fungsi ditinjau dari gaya belajar. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 6(2), 163-178.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukma, A. H. (2008). Studi Empiris Pengaruh Kecerdasan Emosional, Perilaku Belajar, dan Stres Kuliah Terhadap Keterlambatan Penyelesaian Studi pada Mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Barawijaya Malang. (Vol 1, No 2).
Sumiyarsih. (2012). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Organizational Citizenship Behavior (OCB) Pada Karyawan CV. Aneka Ilmu Semarang , Vol 11, No 1.
Wahyudi, M. Z. (2020). Dilema Membuka Sekolah di Tahun Ajaran Baru. Jakarta: Harian Kompas.
Winata, R. (2014). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together dan Think Pair Share dengan Contextual Teaching And Learning Pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Ditinjau dari Kecerdasan Emosional Siswa. Jurnal Elektronika Pembelajaran Matematika , 465-477.
DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v5i5.16594
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.