Efektivitas Model Problem Based Learning Berbantuan Geogebra Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar
Abstract
Kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan salah satu hal penting yang harus dimiliki oleh siswa. Agar setiap siswa memiliki kemampuan pemahaman konsep matematis, maka keterlibatan guru dalam pembelajaran sangat berpengaruh. Namun, guru masih menggunakan metode ceramah sehingga pembelajaran hanya terfokus pada guru dan siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Tujuan penelitian dilakukan yaitu untuk mengetahui efektivitas model Problem Based Learning berbantuan geogebra terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi bangun ruang sisi datar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian ini menggunakan jenis Quasi Experimental Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan rata-rata dari model Problem Based Learning berbantuan geogebra dan model Problem Based Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi bangun ruang sisi datar, (2) Pembelajaran model Problem Based Learning berbantuan geogebra lebih baik daripada tanpa media geogebra terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada bangun ruang sisi datar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Herlina, N., Fitriah, A., Lindawati, & Setiawan, W. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Melalui Aplikasi GeoGebra Siswa SMP di Bandung Barat. Jurnal On Education, 1(3), 471–478.
Maryani, Ely. (2021). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Melalui Model Problem Based Learning Menggunakan Software Geogebra Dan Dampaknya Terhadap Kemandirian Belajar Siswa SMK. Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan. 1(1), 48–57.
Safitri, S., Nursyamsiah, G., Setiawan, W., & Belakang, L. (2020). Analisis Minat Belajar Siswa MTs Dalam Pembelajaran Matematika Berbantuan Geogebra. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. 7(1), 111–116.
Sari, D. P. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Numbered Heads Together Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Mathematic Paedagogic, 2(2), 196. https://doi.org/10.36294/jmp.v2i2.220
Sayekti, Y. (2020). Pengaruh Problem Based Learning Dengan Strategi “MURDER” Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. AlphaMath : Journal of Mathematics Education, 5(1), 24. https://doi.org/10.30595/alphamath.v5i1.7348
Trianingsih, A., Husna, N., & Prihatiningtyas, N. C. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Persamaan Lingkaran di Kelas XI IPA. Variabel, 2(1), 1. https://doi.org/10.26737/var.v2i1.1026
Wahyuni, T., Makmur, A., & Rhamayanti, Y. (2020). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kubus dan Balok Kelas VIII-1 SMP Muhammadiyah 29 Padangsidimpuan. PeTeKa, 3(2), 170–179. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk/article/view/3060
Yunitasari, I., Sahrudin, A., Kartasasmita, B. G., & Prakoso, T. B. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika dengan Memanfaatkan Program Geogebra Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemandirian Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar. Journal of Mathematics Learning, 2(2), 1–11.
DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v5i6.16782
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.