Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar Visual

Ahmad Abror Aufar, Muhammad Prayito, Dhian Endahwuri

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gaya belajar visual siswa dalam mengerjakan soal PISA ditinjau dari gaya belajar visual di kelas VIII MTs Darul Ulum Bandungharjo, serta mendeskripsi kemampuan literasi matematika peserta didik dalam menyelesaikan soal PISA ditinjau dari gaya belajar visual. Penelitian ini dilakukan di MTs Darul Ulum Bandungharjo. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Deskriptif Kualitatif. Subjek Penelitian yang diambil adalah siswa kelas VIII MTs tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 3 siswa. Hasil Penelitian menunjukkan gaya belajar visual diperoleh rata-rata sebesar   69,95 dengan kriteria tinggi.  gaya belajar visual ini mendominasi tingkat literasi siswa. Siswa lebih banyak mempunyai gaya belajar visual. Dan literasi matematika siswa pada hasil belajar siswa diperoleh bahwa: 1 Literasi Matematika (Subjek dengan Gaya Belajar Visual), Gaya belajar siswa diperoleh rata-rata sebesar 40 dengan kriteria rendah.  Gaya belajar visual ini mendominasi tingkat literasi siswa. Siswa lebih mempunyai gaya belajar visual. Penentuan dilihat dari hasil angket gaya belajar siswa sesuai dengan indikator gaya belajar yang digunakan, 2 literasi Matematika (Subjek dengan Gaya Belajar Visual Sedang), gaya belajar visual pada siswa diperoleh rata-rata sebesar 59 dengan kriteria cukup. Pada gaya belajar visual ini siswa menjawab soal mempunyai gaya belajar visual yang lebih unggul.   Gaya belajar ini siswa dapat cenderung dapat mengungkapkan hasil belajarnya dengan mudah dengan membaca soal terlebih dahulu, 3 Literasi Matematika (Subjek dengan Gaya Visual Tinggi). Gaya belajar visual tinggi pada siswa diperoleh rata-rata sebesar 70 dengan kriteria tinggi.  Pada gaya belajar visual ini siswa menjawab soal mempunyai gaya belajar visual yang lebih unggul.


Keywords


Analisis Literasi Matematika ditinjau dari Gaya Belajar Visual Siswa

Full Text:

PDF

References


Anisa, M., Wardono, W., & Asih, T. S. N. (2020). Literasi Matematika PISA Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran CPS Berbantuan GC. Prosiding Seminar …, 1046–1050. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/1294/808

Ahmadi, A., dan Supriyono, W. 2013. Psikologi Belajar. Jakarta:

Rineka Cipta.

Apipah, Salisatul. 2021. Analisis Kemampuan Koneksi Matematika BErdasarkan Gaya Belajar Siswa pada Model Pembelajaran Visual Auditori Kinestetik dengan Self Assesment. (Sukoharjo: Tahta Media Group, 2021), hal. 25-26.

Azwar Rahmat. 2021. Konsep Dasar Ilmu Pendidikan Islam. Tasikmalasa: Edupublisher.

Chaterine Syarif. 2010., Menjadi Pintar dengan Otak Tengah: Cara

Ampuh Memaksimalkan Kemampuan Otak Anak, (Jogjakarta: Starbooks,

, hlm. 73-74.

Edimuslim, E., Edriati, S., & Mardiyah, A. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Matematika ditinjau dari Gaya Belajar Siswa SMA. Suska Journal of Mathematics Education, 5(2), 95. https://doi.org/10.24014/sjme.v5i2.8055

Kusniati, I. 2018. Analisis Kemampuan Literasi Matematika Peserta Didik melalui Penyelesaian Soal-soal Ekspresi Aljabar di SMP NEgeri 1 Lambu kibang.

Moleong, L. J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Moleong, L. J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rambe, Soleh M. 2019. Pengaruh Gaya Belajar, Auditorial, dan Kinestetik terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA DIAN Andalas. Padang: Jurnal Review PEndidikan dan PEngajaran. Vol. 2. No. 1 2019, hal. 294.

Riduwan dan Akdon. 2015. Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Bandung: Alfabeta.

Rismen, S., Putri, W., & Jufri, L. H. (2022). Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 348–364. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1093.

Syawahid, M., & Putrawangsa, S. (2017). Kemampuan literasi matematika siswa SMP ditinjau dari gaya belajar. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 10(2), 222–240. https://doi.org/10.20414/betajtm.v10i2.121

Sugiyono. 2016. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABETA.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Syawahid, M., & Putrawangsa, S. (2017). Kemampuan literasi matematika siswa SMP ditinjau dari gaya belajar. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 10(2), 222–240. https://doi.org/10.20414/betajtm.v10i2.121

OECD. 2019. PISA 2018 Mathematic Framework. 73-96.

Yustitia, V., & Juniarso, T. (2020). Literasi Matematika Mahasiswa Dengan Gaya Belajar Visual. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 9(2), 100–109. https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v9i2.5044




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v5i6.16794

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.