Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dalam Menyelesaikan Soal Hots Materi Persamaan Garis Lurus Ditinjau dari Gaya Belajar Peserta Didik
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui deskripsi pemahaman konsep matematis peserta didik SMP kelas VIII ditinjau dari gaya belajar visual, auditori dan kinestetik dalam menyelesaikan soal HOTS persamaan garis lurus. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Takhassus Al Qur’an Boja tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 21 orang. Dari kelas tersebut dipilih 6 peserta didik yang memiliki gaya belajar visual, auditori dan kinestetik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes tertulis, wawancara, triangulasi dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil sebagai berikut, yaitu Peserta didik dengan gaya belajar visual mampu memahami konsep matematis menggunakan tujuh indikator namun hasil kurang tepat ada empat indaktor yang belum diselesaikan. Sedangkan Peserta didik gaya belajar auditori dan gaya belajar kinestetik mampu memahami konsep matematis menggunakan tujuh indikator dengan benar dan tepat. Sehingga kesimpulan dari penelitian ini adalah peserta didik dengan gaya belajar mampu memahami konsep matematis dengan tujuh indikator namun peserta didik dengan gaya belajar visual hasil yang diperoleh kurang tepat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Depdiknas. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Karunia, E. P., & Mulyono. (2016). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VII Berdasarkan Gaya Belajar dalam Model Knisley. Seminar Nasional Matematika X Universitas Negeri Semarang, 337-346.
Kusdianti, I., Sitompul, S. S., & Mahmuda, D. (2019). Analisis Kemampuan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Hots Kelas Xi Sman 2 Sungai Raya. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, Hal. 1-10.
Pratiwi, D. D. (2016). Pembelajaran Learning Cycle 5e berbantu Geogbra terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 7, No.2, Hal 191-202.
Setiana, D., Cahyono, B., & Rohan, A. A. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Pada Materi Trigonometri Berdasarkan Gaya Belajar. JURNAL PHENOMENON, Vol. 09, No. 2, hal. 176-189.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Yogyakarta: ALFABETA.
Utari, R. S., & Ulya, D. (2019). Strategi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Materi Statistika. Prosiding NaCoME, Hal. 123-131.
DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v6i1.16826
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.