E – Pocket Book berbasis Mind Mapping : alternatif pemahaman konsep materi Persamaan Kuadrat
Abstract
ABSTRAK
Pemanfaatan teknologi berupa e – pocket book dalam proses pembelajaran materi persamaan kuadrat penting untuk dilakukan, karena materi persamaan kuadrat ada kaitannya dengan bidang ilmu yang lain. Karena itu dilakukan penelitian ini untuk mendeskripsikan e – pocket book berbasis mind mapping sebagai alternatif pemahaman konsep materi persamaan kuadrat. Metode penelitian ini deskriptif kualitatif dengan subjek siswa kelas X8 SMA Negeri 3 Sukoharjo berjumlah 33 di ambil 3 sampel yang mewakili kategori baik, cukup, dan kurang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket respon siswa, dan dokumentasi. Teknik analisis data beupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa dengan kategori pemahaman konsep baik sebanyak 2 siswa dengan persentase 6%, siswa dengan kategori pemahaman konsep cukup sebanyak 23 dengan persentase 70%, dan siswa dengan kategori pemahaman konsep kurang sebanyak 8 siswa dengan persentase 24%. Hal tersebut menyatakan bahwa e – pocket book bisa sebagai alternatif pemahaman konsep materi persamaan kuadrat, karena siswa dengan pemahaman konsep baik dan cukup lebih banyak dari pada siswa dengan pemahaman konsep kategori kurang. Pernyataan tersebut di dukung dengan angket respon siswa bahwa 84,36% siswa memberikan respon positif dengan kategori sangat baik mengenai e – pocket book.
Kata kunci: E – Pocket Book, Pemahaman Konsep, Persamaan Kuadrat
ABSTRACT
It is important to utilize technology in the form of e-pocket books in the process of learning quadratic equation material, because quadratic equation material is related to other fields of science. Therefore, this research was carried out to describe an e-pocket book based on mind mapping as an alternative for understanding the concept of quadratic equations. This research method is descriptive qualitative with the subject being 33 students in class Data collection techniques use tests, student response questionnaires, and documentation. Data analysis techniques include data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The research results showed that there were 2 students in the good concept understanding category with a percentage of 6%, 23 students in the sufficient concept understanding category with a percentage of 70%, and 8 students in the poor concept understanding category with a percentage of 24%. This states that e-pocket books can be an alternative for understanding the concept of quadratic equation material, because there are more students with a good and sufficient understanding of the concept than students with a poor understanding of the concept. This statement is supported by the student response questionnaire that 84.36% of students gave positive responses in the very good category regarding e-pocket books.
Keywords: E-Pocket Book; Concept understanding; quadratic equation
Full Text:
PDFReferences
Ailillah, S., Junaidi, E., Hakim, A., Hadisaputra, S., Studi, P., & Kimia, P. (2021). Pengembangan Buku Saku Elektronik Berbasis Mind Mapping Pada Materi Laju Reaksi. Chemistry Education Practice, 4(3), 310–315. https://doi.org/10.29303/cep.v4i3.2728
Arum Putri Rahayu. (2021). Penggunaan Mind Mapping dari perspektif Tony Buzan dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Paradigma, 11(1), 65–80. Retrieved from https://www.staimmgt.ac.id/wp-content/uploads/2021/06/4.-Penggunaan-Mind-Mapping-dari-perspektif-Tony-Buzan.pdf
Badriyah, Bakti, I., & Almubarak. (2022). Pengembangan Media Electronic Chemistry Pocket Book ( E-CPB ) Terintegrasi Mind Mapping Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Koloid Berkonten Lahan Basah Development Of Integrated Electronic Chemistry Pocket Book ( E-CPB. JCAE (Journal of Chemistry And Education), 6(2), 98–108. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.20527/jcae.v6i2.1772
Cahya Aulia Ramadhan Yuwana, Lilik Ariyanto, & Lukman Harum. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pocket Book Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Smp. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 1–10. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26877/jipmat.v8i1.14442
Diana, P. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa : Ditinjau Dari Kategori Kecemasan Matematik. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(1), 24–32. https://doi.org/http://journal.unsika.ac.id/index.php/supremum
Ditasar, D. D., Ulya, H., & Wanabuliandari, S. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas IX Pada Materi Persamaan Kuadrat. Kudus : Universitas Muria Kudus.
Jesika, R., Ariani, N. M., & Masri. (2023). Analisis efek potensial media pembelajaran interaktif macromedia flash 8 untuk pemahaman konsep matematis siswa SMP. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah, 7(3), 412–420. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jp2ms.7.3.412-420
Lestari, F. P., & Ristontowi. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sma Pada Model Discoverylearning Dan Model Auditory Intellectually Repetition. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4(1), 46–54. https://doi.org/https://doi.org/10.31851/indiktika.v4i1.6334
Nussy, K. S., Laurens, T., & Ayal, C. S. (2022). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Fungsi di Kelas X SMA Kartika XIII-1 Ambon. Journal Of Mathematics And Applications, 1(1), 25–32. https://doi.org/https://doi.org/10.55098/amalgamasi.V1.i1.pp25-32
Rachman, Y. B., Rachman, M. A., & Rachmawati, Y. M. (2018). Ketertarikan Siswa terhadap Bahan Bacaan. Jurnal Ilmu Informasi, Perpustakaan Dan Kearsipan, 20(1), 23–28. https://doi.org/10.7454/JIPK.v20i1.005
Radiusman. (2020). Studi literasi: pemahaman konsep siswa pada pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 1–8. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.24853/fbc.6.1.1-8
Rahman, F., Jalal, A., & Suratno, J. (2022). Analisis Kemampuan Pemahman Konsep Matematis Siswa SMP Negeri 5 Kota Ternate Pada Materi Lingkaran. Jurnal Pendidikan Guru Matematika, 2(1), 33–45. https://doi.org/https://doi.org/10.33387/jpgm.v2i1
Rahmi, M., Fonna, M., Isfayani, E., & Lestiana, Y. (2023). Pengembangan Buku Saku pada Materi Persamaan Garis Lurus Berbasis Mind Mapping sebagai Media Pembelajaran. Ar-Riyadhiyyat : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 97–104. https://doi.org/https://doi.org/10.47766/arriyadhiyyat.v3i2.968
Ramadoni, & Hafizh, M. A. Al. (2023). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Materi Statistika Kelas X. Jurnal Equation, 6(2), 14–22. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29300/equation.v6i2.3494
Salim, & Syahrum. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Citapustaka Media.
Wulandari, A. A., Exacta, A. P., & Sungkono, J. (2021). Efektivitas Simulasi “R” Dalam Pembelajaran Distribusi Peluang Variabel Random. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 692–700. https://doi.org/https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3380
DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v6i4.19590
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.