Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Interaktif Berbantuan I Spring Suite 10 untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika
Abstract
Kemampuan literasi matematika siswa di tingkat sekolah menengah masih tergolong rendah. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika khususnya pada materi bilangan berpangkat dan bentuk akar adalah dengan memanfaatkan aplikasi pembelajaran interaktif. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan mengembangkan aplikasi pembelajaran interaktif berbantuan I Spring Suite 10 guna meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa. Penelitian ini merupakan jenis Research and Development (R&D) yang menerapkan model pengembangan ADDIE, yang meliputi lima tahap: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian terdiri dari 25 siswa kelas VIII.9 SMP Negeri 2 Sungguminasa. Instrumen yang dipakai meliputi lembar validasi ahli materi dan media, angket respon guru dan siswa, lembar observasi pelaksanaan pembelajaran, serta soal pretest dan posttest literasi matematika. Data yang terkumpul dianalisis berdasarkan aspek validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi pembelajaran interaktif untuk materi bilangan berpangkat dan bentuk akar yang dikembangkan telah memenuhi standar valid, praktis, dan efektif. Dengan demikian, aplikasi pembelajaran interaktif berbantuan I Spring Suite 10 ini dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa, terutama pada materi bilangan berpangkat dan bentuk akar.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v7i4.23196
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.