Pengembangan Video Pembelajaran Matematika melalui Model Pembelajaran Flipped Classroom di Sekolah Menengah Kejuruan

Yenni Asma Yanti, Achmad Buchori, Aryo Andri Nugroho

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media berupa video pembelajaran matematika melalui model pembelajaran flipped classroom di Sekolah Menengah Kejuruan. Luaran yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah berupa produk video pembelajaran yang valid , praktis dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development. Pada penelitian ini menggunakan model ADDIE ( Analysis , Design ,Development,Implementation,Evaluation ). Pengembangan video pembelajaran matematika melalui model pembelajaran flipped classroom di Sekolah Menengah Kejuruan teruji valid berdasarkan ahli media sebesar 82%, oleh ahli materi sebesar 79% , dan valid oleh ahli desain pembelajaran sebesar 81%. Media video pembelajaran matematika tersebut juga praktis untuk digunakan dilihat dari respon siswa sebesar 81%. Media video pembelajaran efektif digunakan dilihat dari perbedaan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol yang ditunjukkan dengan rata-rata 82,93 pada kelas eksperimen dan 59,48 pada kelas kontrol dan diperoleh variabel keaktifan siswa berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa dengan persamaan regresi Ŷ =  73,86 + 4,45 X dan pengaruhnya sebesar 43%, serta ditunjukkan dengan uji ketuntasan dengan rata – rata 96,77  artinya telah mencapai ketuntasan. Berdasarkan data tersebut media video pembeajaran matematika melalui model pembelajaranflipped classroom valid, praktis , dan efektif. 

Keywords


Pengembangan; Video Pembelajaran; Model Flipped Classroom ;Efektifitas

Full Text:

PDF

References


Danker, B.(2015).Using Flipped Classroom Approach to Explore Deep earning in Large Classrooms.The IAFOR Journal of Education.III(I):171-186.

Delen, E., Liew, J.,Willson, V. (2014). Effects Of Interactivity And Instructional Scaffolding On Learning : Self- Regulation In Online Video-Based Environments Computers & Education Effects Of Interactivity And Instructional Scaffolding On Learning : Self- Regulation In Online Video-Based Environments.Journal Computer & Educationi.78(18):312-320.http://doi.org/10.1016/j.compedu.2014.06.018.

Engin, M. (2014). Extending The Flipped Classroom Model : Developing Second Language Writing Skills Through Student-Created Digital Videos.Joirnal Of Scholarship Of Theacing and Learning.14(5):12–26. https://doi.org/10.14434/josotlv14i5.12829

Maharani, A.(2013). Psikologi Pembelajaran Matematika Di Smk Untuk Mendukung Implementasi Kurikulum 2013.Jurnal Euclid.1(2):70–81.

Hayati,Rahma.(2014).Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika ,"Intregrasi Budaya ,Psikologi,dan Teknologi dalam Membangun Pendidikan Karakter Melalui Matematika dan Pembelajarannya.Purworejo:496-502.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Kadry, S., Hami, A.(2014). Flipped Classroom Model in Calculus II, Jurnal Education.4(4):103–107. https://doi.org/10.5923/j.edu.20140404.04

Lai, C.,Hwang, G.(2016). Computers & Education A Self-Regulated Fl Ipped Classroom Approach To Improving Students ’ Learning Performance In A Mathematics Course.Jornal Computer and Education.100(6):126–140. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2016.05.006

Munir. (2012). Multimedia. Bandung: Alfabeta.

Prayitno, E., Masduki, L. R.,.(2015). Pengembangan Media Blended Learning Dengan Model Flipped Classroom Pada Mata Kuliah. Jurnal Pendidikan Matematika.1(2):121–126.

Richardo, R.(2016). Peran Ethnomatematika dalam Penerapan Pembelajaran Matematika.Jurnal Literasi.2(2):118–125.

Rohmawati, A.(2015).Efektifitas Pembelajaran.Jurnal Pendidikan.9(1): 15–32.

Lanang,Gusti.,Kartika,Dewa Tastra,dkk.2014.Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Addie Pada Pembelajaran Bahasa Inggris. e-Jurnal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha. 2(1):1-10

Rusnilawati,R.(2016).Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Bercirikan Active Knowledge Sharing dengan Pendekatan Saintifik kels VIII.Jurnal Riset Pendidikan Matematika.3(2).243-258.

Watson, J., & Crick, F. (n.d.). Research and development ; penelitian di bidang kependidikan yang inovatif, produktif dan bermakna.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i6.4868

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.
slot gacor slot