EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION BERBANTUAN PREZI TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMA

Endah Puji Astuti, Nizaruddin Nizaruddin, Dhian Endahwuri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan model pembelajaran Numbered Head togetherberbantuan PreziStudent Teams Achievementberbantuan Prezi, dan konvensional; (2) Kemampuan komunikasi matematis siswa dengan model pembelajaran Numbered Head Togetherberbantuan Prezilebih baik daripada model pembelajaran konvensional; (3) Kemampuan komunikasi matematis siswa dengan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisionberbantuan Prezilebih baik daripada model pembelajaran konvensional; (4) Kemampuan komunikasi matematis siswa dengan model pembelajaran Numbered Head Togetherberbantuan Prezisama baiknya dengan model pembelajaran Student Teams Achievement berbantuan Prezi; (5) Ketuntasan kemampuan komunikasi matematis siswa pada model pembelajaran Numbered Head Togetherberbantuan Prezidan model pembelajaran Student Teams Achievement Division berbantuanPrezi. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X. Melalui cluster random samplingterpilih sampel penelitian yaitu X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen 1, X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen 2, dan X IPS 1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode dokumentasi, tes, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis  siswa yang menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together berbantuan Prezi,Student Teams Achievement Division berbantuanPrezi, dan konvensional; (2) Kemampuan komunikasi matematis siswa pada model pembelajaran Numbered Head Togetherberbantuan Prezilebih baik daripada model pembelajaran konvensional; (3) Kemampuan komunikasi matematis siswa pada model pembelajaran Student Teams Achievement Divisionberbantuan Prezilebih baik daripada model pembelajaran konvensional. (4) Kemampuan komunikasi matematis siswa pada model pembelajaran Numbered Head Togetherberbantuan Prezisama baiknya dengan model pembelajaran Student Teams Achievementberbantuan Prezi(5) Kemampuan komunikasi matematis siswa pada model pembelajaran Numbered Head Together berbantuan Prezi dan Student Teams Achievement Division  berbantuan Prezimencapai ketuntasan belajar.

Keywords


Numbered Head Together; Student Teams Achievement Divison; Prezi; dan komunikasi matematis.

Full Text:

PDF

References


Hadiyanti, Rini, Kusni, Suhito. 2012. Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Numbered Head Together Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep. Unnes Journal of Mathematics Education, 1, (1), Agustus 2012: 59-65

Kodrat dan Joko. 2016. Pengembangan dan Penelitian Media Pembelajaran Interaktif Dilengkapi Software Prezi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Kelas XI TIPTL SMK Negeri 1 Nganjuk. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, Vol. 05, No. 01, ISSN: 2252-5149, Hal: 45-52.

Mahmudi, Ali. 2009. Komunikasi dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal MIPMIPA UNHALU Volume 8, Nomor 1, 2-3.

Rahmawati, dkk. 2014. Eksperimentasi Model Pembelajaran Ttw Dan Nht Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau Dari Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. ISSN: 2339-1685 Vol.2, No.10, hal 1042-1055

Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Rusyfian, Zurrahma. 2016. Prezi Solusi Presentasi Masa Kini. Jakarta: Informatika

Saragih. 2013. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sma/Ma Di Kecamatan Simpang Ulim Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 19, Nomor 02.

Slavin. 2008. Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Penerbit Nusa Media.

Trianto. 2015. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i4.5881

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.