Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis PMRI Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP

Ayu Rahma Amalia, Heni Purwati, Farida Nursyahidah

Abstract


Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui validitas media pembelajaran berbasis PMRI untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 03 Mranggen. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa lembar validasi. Lembar validasi tersebut divalidasi oleh enam validator dari Jurusan Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang dan Guru MatematikaSMPN 3 Mranggen Analisis data berupa analisis kevalidan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis PMRI valid untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Berdasarkan analisis kevalidan dilakukan oleh validator diperoleh(1)skorrata-ratakelayakanmaterisebesar4,33;(2)skorrata- ratakelayakanbahasasebesar4,60;(3)skorrata-ratakelayakancontoh soal dan latihan soal sebesar 3,87; (4) skor rata-rata kelayakan mediasebesar3,87 ; dan (5) skor rata-rata kelayakan soal sebesar 4,67.  Diperoleh skor rata-rata keseluruhan 4,26. Dapat disimpulkan bahwa media macromedia flash yang dikembangkan layak diujicobakan dengan kategori sangat baik menurut pendapat validator


Keywords


Media Pembelajaran; Macromedia Flash; PMRI; Kemampuan Berpikir Kritis

Full Text:

PDF

References


Amasari, F. H. (2011). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran (AP) SMK Negeri 1 Depok pada Pembelajaran Matematika dengan Metode Problem Posing Tipe Presolution Posing. Jurnal Pendidikan Matematika,1(2), 1-56.

Arsyad, A. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Nursyahidah, F., Putri, R. I., & Somakim. (2013). Supporting First Grade Students' Understanding Of Addition Up to 20 Using Traditional Game. IndoMS-JME, 4(2), 212-223.

Mawarni, E., Mulyani, B., & Yamtinah, S. (2015). Penerapan Peer Tutoring Dilengkapi Animasi Macromedia Flash dan Handout Untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi dan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Ipa 4 SMA N 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014 Pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Jurnal Pendidikan Kimia, 4(1), 29-37.

Pribadi, B. A. (2009). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: PT.Dian Rakyat.

Widoyoko, E. P. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i4.5883

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.