Efektivitas Media Pembelajaran Berbantu Website dengan Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP

Diajeng Fitria Rachmawati, Agung Handayanto, Rizky Esti Utami

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh perangkat pembelajaran yang masih kurang inovatif. Penilitian ini  bertujuanuntuk mengetahui keefektifan media pembelajaran berbantuwebsite dengan pendekatan kontekstual terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa SMP. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Mranggen. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa lembar observasi dan post-test. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji t,  uji regresi linier sederhana, dan uji ketuntasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)siswa pada kelas eksperimen memenuhi ketuntasan kemampuan berpikir kreatif baik individu maupun klasikal;(2)pembelajaran media berbantu websitedengan pendekatan kontekstual mempunya pengaruh postif yaitu 98%;(3) rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbantu websiteefektif digunakan.

Keywords


Kemampuan Berpikir Kreatif; Website

Full Text:

PDF

References


Aldiana, F., Ramdan, A. M., & Samsudin, A. (2018). Kekuatan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Pengunjung Website. Jurnal Buletin Studi Ekonomi, . Vol. 23 No. 2, Halaman 220-226.

Arsyad, A. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Carolina, D. (2012). Penerapan Strategi Active Learning Berbasis Web (Blended Learning) dalam Upaya Menciptakan Pembelajaran Aktif dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar. Economic Education Analysis Journal, Volume1, Nomor 1 , Halaman 1-5.

Ediyanto. (2014). Pengembangan Model Penilaian Formatif Berbasis Web untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Sains, Vol.2, No.2, Hal 63-75.

Hasbullah. (2009). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan . Jakarta: Rajawali Pers.

Iriyanto, R. A. (2015). Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Elearning berbasisi Web Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Fisika Kelas X Periapan Di Smk N 1 Semarang. Under Graduated Thesis, 1-64.

Karo-Karo S, I. R., & Rohani. (2018). Manfaat Media Dalam Pembelajaran. AXIOM, 91-96.

Prasetiyo, A. D., & Mubarokah, L. (2014). Berpikir Kreatif Siswa Dalam Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Matematika (Student's Creative Thinking In The Application Of Mathematical Problem Based Learning). Jurnal Pendidikan Matematika, 9-18.

Ruqoyyah, S. (2015). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa MA Melalui Contextual Teaching and Learning. Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi,, 85-99.

Supriadi, F. (2015). Efektivitas Pembelajaran Media E-Learning Berbasis Web Dan Konvensional Terhadap Tingkat Keberhasilan Belajar Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Pontianak. Jurnal Manajemen MOTIVASI, Halaman 722-726.

Wahyuningsih, S. S. (2012). Web-Suplemen Sebagai Sarana Pembelajaran Elearning Ilmu Perpustakaan. Jurnal Pendidikan, Volume 13, 117-125.

Wasono , K. E., & Wiyanto, I. A. (2017). Efektivitas Penerapan Bahan Ajar Inkuiri Berbasis Web dalam Pembelajaran Fisika Ditinjau dari Aspek Kognitif. Unnes Physics Education Journal, Volume 6, Nomor 1 , Halaman 70-73.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i3.6121

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.