TRANSLASI ANTAR REPRESENTASI MATEMATIS VISUAL KE VERBAL DALAM MEMAHAMI KONSEP PADA MATERI SPLDV DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA TINGGI

Uswatun Sa’diyah, Nizaruddin Nizaruddin, Muhtarom Muhtarom

Abstract


Pemahaman translasi antar representasi matematika merupakan salah satu dari beberapa kemampuan yang diperlukan dalam proses pemecahan masalah. Proses translasi antar representasi adalah proses perubahan dari suatu bentuk representasi ke bentuk representasi lain. Indikator proses translasi anatr representasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah unpacking source, preliminary coordinator, constructing the target, dan determining equivalence. Salah satu materi yang menggunakan berbagai representai matematika adalah SPLDV. Kemampuan siswa dalam melakukan proses translasi antar representasi dapat berbeda-beda pada setiap siswanya, salah satunya yaitu berdasarkan kemampuan matematika yang dimiliki siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kemampuan translasi antar representasi matematis visual ke verbal berdasarkan kemampuan matematika tinggi pada materi SPLDV. 

Penelitian ini merupakan penelitian deskriftif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah satu siswa kelas IX D SMP N 9 Semarang tahun ajaran 2019/2020 yang berkemampuan tinggi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dengan pemberian tes translasi antar representasi dan metode wawancara. Data dianalisis berdasarkan kegiatan yang mungkin muncul setiap proses translasi, dari representasi verbal ke simbol,.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa siswa berkemampuan  matematika tinggi belum mampu mencapai seluruh tahap translasi antar representasi matematis visual ke verbal.Hal ini dikarenakan siswa cenderung mengalami kesulitan pada tahap unpacking source. Sehingga informasi yang dibutuhkan kurang sesuai.

Keywords


Translasi; Representasi; Kemampuan Matematika

Full Text:

PDF

References


Arifin, Zainal. (2013). Evaluasi pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. (2013). Dasar – dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Assegaf, S. R. Z., Hudiono, B., & Ahmad, D. Translasi Representasi Matematika Smp Dari Bentuk Verbal Ke Simbolik Dan Sebaliknya Pada Materi Spldv. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(9).

Bossé, M. J., dkk.(2014). Students' differentiated translation processes. International Journal for Mathematics Teaching and Learning, (Online),

Dirjen Dikti. (2006). Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah (Lampiran). Jakarta: Depdiknas.

Fitrianingsih, I., Jamiah, Y., & Sayu, S. Analisis Kesulitan Translasi Matematis Siswa Dalam Materi Program Linear Di Kelas Xi Sma N 7 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 7(1).

Putri, L. P., Manoy. J. T. (2013). Identifikasi Kemampuan Matematika Siswa dalam Memecahkan Masalah Aljabar di Kelas VIII Berdasarkan Taksonomi SOLO. MATHEdunesa, 2(1).

Hudiono, B. (2005). Peran pembelajaran diskursus multi representasi terhadap pengembangan kemampuan matematika dan daya representasi pada siswa SLTP. Jurnal Cakrawala Kependidikan, 8(2).

Hwang, W. Y., Chen, N. S., Dung, J. J., & Yang, Y. L. (2007). Multiple Representation Skills and Creativity Effects on Mathematical Problem Solving using a Multimedia Whiteboard System. Journal of Educational Technology & Society, 10(2).

Jose L. Villegas, at al. (2009). Representation in problem solving: A case study in optimization problems. Electronic journal of research in educational psychology, No. 17,7(1).

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.(2014). Permendikbud Nomor 58 Tahun 2014.

Marliyanti, D. (2016). Kemampuan translasi antar representasi siswa dalam memecahkan masalah sistem persamaan liniear dua variabel ditunjau dari kemampuan matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Volume 3(5).

Michael J. Bosse, K. A.-G. (2014). Assessing the Difficualty of Mathematical Translations: Synthesizing the Literarure and Novel Findings. International Electronic Journal of MathematicsEducation,l6(3).

Milrad, M. (2002). Using construction kits, modeling tools and system dynamics

simulations to support collaborative discovery learning. Educational Technology & Society, 5(4), 76-87.

Moleong, L.J. (2014). Metedologi Penelitian Kualitatif edisi revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya offset.

Monika, Ayu. (2015). Kemampuan translasi representasi siswa materi himpunan di SMP.

National Council of Teachers of Mathematics (NCTM). (2000). Principles and

standards for school mathematics. Reston, VA: NCTM Publications.

Nizaruddin., Muhtarom, & Murtianto, Y.M. (2017). Exploring of Multi Mathematical

Representation Capability in Problem Solving on Senior High School Students. Problems of Education in the 21st Century, 75(6), 591-598.

Pujiasih, Fitri. (2018).”Kemampuan berpikir kritis matematis siswa dalam memahami masalah soal sistem persamaan linear dua variabel”. Skripsi. FPMIPATI. Universitas PGRI Semarang. Semarang.

Reid, Robert. 2013. Study Skills Strategies (Part 1):Foundations for Effectively Teaching Study Skills. (Online), (http://iris.peabody.vanderbilt.edu/ module/ss1/, diakses 18 Desember 2019).

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sabirin, Muhammad. (2014). Representasi dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika. 1(2): hal. 33-44.

Yudhanegara, M. R., (2015). Meningkatkan kemampuan representasi beragam matematis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah terbuka. Majalah Ilmiah Solusi, 1(04).




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i4.6122

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.