Profil Berpikir Kritis Siswa dalam Pemecahan Masalah Kontekstual Matematika ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa

Sonny Andika Yudi Pratama, Muhammad Saifuddin Zuhri, Farida Nursyahidah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan profil berpikir kritis siswa dalam pemecahan masalah kontekstual matematika pada materi trigonometri ditinjau dari motivasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Pati tahun 2020/2021. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII MIPA 9 yaitu 1 siswa dengan motivasi belajar tinggi, 1 siswa dengan motivasi belajar sedang, dan 1 siswa dengan motivasi belajar rendah. Untuk dapat mengetahui profil berpikir kritis siswa maka dilakukan dengan memberikan tes tertulis pemecahan masalah matematika trigonometri dan wawancara. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa  siswa dengan tingkat motivasi belajar tinggi, sedang dan rendah memiliki semua kriteria kemampuan berpikir kritis (clarification, assessment, inference, dan strategies) . Namun profil berpikir kritis antara siswa dengan tingkat motivasi tinggi, sedang, dan rendah berbeda.

Keywords


berpikir kritis siswa; pemecahan masalah matematika; motivasi belajar

Full Text:

PDF

References


Bachri, B. S. (2010). Meyankinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 42-46.

Cahyono, B. (2015). Korelasi Pemecahan Masalah dan Indikator Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan MIPA, 5(1), 15-24.

Ennis, R. H. (2011). The Nature of Critical Thinking : An Outline of Critical Thinking Dispositions and Abilities. Chicago: University of Illinois.

Fajriyaturrohmah, R. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Fisher, A. (2011). Critical Thinking An Introduction. Cambridge: Cambridge University Press.

Fridanianti, A., Purwati, H., & Murtianto, Y. H. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Kelas VII SMP Negeri 2 Pangkah Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Kognitif Impulsif. Aksioma, 9(1), 11-20.

Hamalik, O. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Jacob, S. M. (2008). Measuring Critical Thinking in Problem Solving through Online Discussion Forums in First Year University Mathematics. Proceeding of Interntional Multi Conference of Engineers and Computer Scientists. Hong Kong.

Kowiyah. (2012). Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(5), 175-179.

Krulik, S., & Rudnick, J. A. (1988). Problem Solving : A Handbook for Elementary School Teacher. Boston: Allyn and Bacon.

Kusmanto, H. (2014). Pengaruh Berpikir Kritis Terhadap Kemampuan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika. EduMa, 3(1), 92-106.

Moleong, L. J. (2007). Metodology Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nashar. (2004). Perananan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press.

Polya, G. (1973). How to Solve It (New of Mathematical Method) Second Edition. New Jersey: Prence University Press.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D . Bandung: Alfabeta.

Wardhani, S. (2008). Analisis SI dan SKL mata pelajaran matematika SMP/MTsAnalisis SI dan SKL mata pelajaran matematika SMP/MTs. Yogyakarta: PPPPTK.

Yunita, N., Rosyana, T., & Hendriana, H. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Berdasarkan Motivasi Belajar Matematis Siswa SMP. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(3), 325-332.

Zanthy, L. S. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Ditinjau dari Latar Belakang Pilihan Jurusan Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Di STKIP Siliwangi Bandung. Jurnal Teori dan Riset Matematika (TEOREMA).

Zubaidah, S., Corebima, A., & Mistianah. (2015). Assessment Berpikir Kritis Terintegrasi Tes Essay. Prosiding Symbion (pp. 200-213). Malang: Universitas Negeri Malang.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i5.6482

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.