Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Group Investigation Berbantu E-Book Terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus SMA Negeri 5 Semarang Tahun 2020)

Ardi Wildan Risqi Saputra, Sudargo Sudargo, Dhian Endahwuri

Abstract


Pelajaran matematika menjadi salahsatu ilmu yang universal dan digunakan oleh beberapa kalangan sebagai ilmu yang mendasari perkembangan teknologi modern. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran discovery learning dan investigation berbantu e-book terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan berdasarkan uji lapangan yang bertempatkan di SMA Negeri 5 Semarang. Dengan sampel yang digunakan terbagi atas 3 kelas yaitu: Kelas 1 yakni diberikan perlakuan berupa pembelajaran menggunakan model Discovery Learning berbantu e-book; Kelas 2, diberi perlakuan berupa pembelajaran menggunakan model Investigation berbantu e-book; dan, kelas kontrol menggunakan model konvensional. Jenis penelitian ini menggunakan studi observasional dimana menggunakan metode kuantitatif deskriptif untuk mendapatkan uji validasi yang tepat pada objek penelitian. Hasil dari validasi ahli materi dan tanggapan siswa berkriteria baik, yaitu untuk ahli materi 82%, ahli media 87%, dan tanggapan siswa 85 %. Media tersebut layak untuk digunakan. Diketahui bahwa Maksimal nilai IF (Zi)I= 0,9534, maka L0= 0,013648 L 0,05: 32= 0.1567; DK {L I L > 0,1567}; Maksimal IF (Zi)-S (Zi)I= 0,13648 ∉ DK. Maka dapat diketahui bahwa keputusan Uji: Maka H0 diterima. Sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal.  Berdasarkan dengan hasil pengujian T yaitu dimana t> (0,05;62) yaitu 1.828>1.669 maka H0 ditolak. Hasil dari pengujian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran interaktif menggunakan model discovery learning lebih baik dan dapat mampu membantu siswa dalam memecahkan masalah matematis, dibandingkan dengan pembelajaran secara konvensional.

Keywords


model pembelajaran; discovery learning; investigation; e-book

Full Text:

PDF

References


Afandi, M. Chamalah, E. & Wardani, P.O. 2013. Medel Dan Metode Pembelajaran Di Sekolah. Semarang : UNISSULA PRESS. (online) http://research.unissula.ac.id/file/publikasi/211313015/9230susun_isi_ dan_daftar_pustaka_buku_model_edit_.pdf, diakses 13 januari 2018 pukul 10.14

Anugraheni, Indri., (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pendidikan Karakter Kreatif Di Sekolah Dasar. Jurnal Refleksi Edukatika 8(2),

Arifin, Zainal. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Astuti, Anggraini & Leonard. (2010). Peran Kemampuan Komunikasi Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Formatif, 2(2), 102-110

Chaeruman, U. (2010). E-Learning Dalam Pendidikan Jarak Jauh. Jakarta: Kemendiknas.

Hidayatullah, M. S., & Rakhmawati, L. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flip Book Maker Pada Mata Pelajaran Elektronika Dasar Di SMK Negeri 1 Sampang. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 83-88.

Iskandar, S.M (2014). Pendekatan Ketrampilan Metakognitif dalam Pembelajaran Sains di Kelas. Jurnal Erudio Vol 2 No 2. Hal 13-20.

Mullis, dkk. 2009. TIMSS 2011 assessment framework. Chesnut Hills: Boston College.

Putri, N. A., & Setyaningrum, W. (2017). Keefektifan Pembelajaran Matematika Pada Materi Segiempat Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Manisrenggo. Jurnal Pendidikan Matematika, 84-95.

Rahmawati, F. (2011). Perkembangan Pemahaman Siswa Pada Konsep Dasar Pengukuran Debit Dengan Pembelajaran Berbasis PMRI. Seminar Nasional Pendidikan MIPA (Pp. 1-1). Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Rasiman, R., & Agnita, S. P. (2014). Development Of Mathematics Learning Media E-Comic Based On Flip Book Maker To Increase The Critical Thinking Skill And Character Of Junior High School Students. International Journal Of Education And Research, 2(11), 535-544.

Rosarina, Gina, Ali, Sudin, Dan Atep, Sujana, (2016), Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perubahan Wujud Benda, Jurnal Pena Ilmiah, 1(1): 371-380.

Sagala, Syaiful. 2011. Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta

Sahrudin, Asep. (2014). Implementasi Strategi Pembelajaran Discovery Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Motivasi Belajar Siswa SMA. Jurnal Pendidikan, UNSIKA 2 (1), 2338-2996.

Saminanto.(2010).Ayo Praktek PTK: Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: Rasail Media Group

Siagian, S. (2014). Development of Basic Electronic Instructional Module and Trainer. Journal of Computer Science and Information Technologi. Vol 2 No 3.

Shodiqin, A., Indrawati, F. A., & Sutrisno. (2014). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbantu Wolfram Mathematica Dan Flipbook Maker Dengan Model Time Game Tournament Pada Materi Turunan Kelas XI SMA. 1-10.

Sugiyono.(2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syah, M. 2014. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung

Vahlia, Ira Dan Rina, Agustina, 2016, Perbandingan Hasil Belajar Discovery Learning Berbasis Problem Solving Dan Group Investigation Berbasis Problem Solving Pada Pembelajaran Metode Numerik, Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro,1(5): 82-93.

Yurmawita, 2016, Pengelolaan Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Discovery Learning Pada Siswa MA, Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan, 10(4):407-410.

Zahara, N. (2014). Optimalisasi Pembelajaran dengan E-Book dan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Pada Materi Dunia Tumbuhan. Jurnal Biotik. Vol 2 No 2 Hal 77-137.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v3i6.7894

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.