Pengembangan E-Modul FLIPHTML Bangun Ruang Sisi Datar berbasis Cerita Bergambar

Nadifa Aulia Rahmah, Sofia Rahma Nur Fadilah, Nani Ratnaningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa e-modul berbasis cerita bergambar dengan bantuan FLIPHTML yang dapat dilihat segi validitas, kepraktisan, dan keefektifannya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi materi, validasi media, lembar angket respon siswa, dan soal tes. Data yang diperoleh dari penelitian kemudian dianalisis kelayakannya. Dari segi validitas rata-rata skor yang diberikan oleh ahli media, ahli materi dan respon siswa, e-modul ini berada di kategori sangat layak.


Keywords


E-Modul; FLIPHTML; Bangun Ruang Sisi Datar; Cerita Bergambar

Full Text:

PDF

References


Murtiyasa, B. (2015). Tantangan Pembelajaran Matematika Era Global. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (Vol. 1, pp. 28-47). Universitas Muhamadiyah Surakarta, Indonesia. Retrieved from http://hdi.handle.net/11617/6005.

Prasetiyowati, Y. Tandyonomanu, D. (2015). Pengembangan Modul Elektronik pada Mata Pelajaran Animasi 3 Dimensi Materi Pokok Pemodelan Objek 3D Kelas XI Multimedia untuk Meningkatkan Hasil Belajar di SMK Negeri 1 Magetan. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan (Vol. 6, no. 2). Universitas Negeri Surabaya, Indonesia. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jmtp/.

Permatasari, E. A., Mudakir, I., & Fikri, K. (2017). Pengembangan E-Modul Berbasis Adobe Flash pada Pokok Bahasan Sistem Reproduksi untuk Kelas XI MIPA SMA. Saintifika,(Vol. 19, no. 1, pp. 57-65). Retrieved from https://jurnal.unej.ac.id/index.php/STF/.

Arifin, S. Komala, E. (2018). Penerapan Model Probing-Promting untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Jurnal Analisa (Vol. 4 no. 2, pp. 99-103). Retrieved from https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/analisa/.

Bagaskara, A. (2017). Pengembangan Modul Matematika Tiga Dimensi Materi Bangun Ruang Sisi Datar untuk Siswa SMP. Ekuivalen. Retrieved from http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/.

Pratiwi, S. Komala, E. & Monariska, E. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Cerita Berganbar Matematika. Jurnal Analisa (Vol. 6, no. 2). Retrieved from http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/analisa/index.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v3i2.7991

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.