Efektivitas Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan Think Talk Write (TTW) Berbantu Ispring Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMK Antonius Semarang

Yosef Sunar Pramujito, Sutrisno Sutrisno, M. Saefuddin Zuhri

Abstract


Kunci kesuksesan dari seseorang dapat dilihat dari kemampuan berkomunikasi dengan orang lain. Dalam dunia pendidikan komunikasi merupakan salah satu hal penting yang seharusnya mendapat perhatian khusus dalam kegiatan belajar mengajar (KBM). Usaha guru dalam mengembangkan kemampuan komunikasi matematis perlu menggunakan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) dan Think Talk Write (TTW) menggunakan media Ispring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) berbantu media Ispring, Think Talk Write (TTW) berbantu media Ispring, dan pembelajaran konvensional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Antonius Semarang dengan menggunakan random sampling yang memperoleh kelas X AKL sebagai kelas eksperimen I, kelas X OTKP sebagai kelas eksperimen 2, dan kelas X MM sebagai kelas kontrol. Dari hasil penelitian ini didapatkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar pada siswa yang menggunakan model Think Pair Share berbantu Ispring pada kelas eksperimen I dan model pembelajaran Think Talk Write berbantu Ispring pada kelas eksperimen II dengan pembelajaran konvensional. Rata-rata siswa yang menggunakan model Think Pair Share dan Think Talk Write berbantu Ispring lebih baik dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model konvensional. Tidak ada perbedaan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model Think Pair Share dan Think Talk Write.


Keywords


Think Talk Write; Think Pair Share; Ispring; Komunikasi Matematis; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Afandi, Ahmad. 2017. Media ICT dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan PowerPoint Interaktif dan Ispring Presenter.

Agustyaningrum, Nina. 2010. Implementasi Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas IX B SMP Negeri 2 Sleman. Jurnal Pendidikan Matematika Pascasarjana UNY. ISBN: 978-979-16353-6-3

Amanah, Salimatul. 2014. Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry dan TPS (Think Pais Share) Terhadap Prestasi Belajar Matematika.

Ansari, B. I. 2003. Menumbuhkembangkan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematik Siswa Sekolah Menengah Umum (SMU) melalui Strategi Think Talk Write. Disertasi Doktor pada FPMIPA UPI Bandung: Tidak diterbitkan.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Arifin, Zaenal. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

-------------------. 2016. Evaluasi Pembelajaran: Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Asep Ikin, S. 2011. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Think Talk Write terhadap Kemampuan Komunikasi dan Penalaran Matematis. Matematika dan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran.

Azizah, IM. 2016. Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Permainan Tradisional Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Materi Gaya di Kelas IV MIN Ngronggot Nganjuk. Jurnal PGSD Dinamika Penelitian, Vol 16 No 2, 283

Budiningsih, Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Budiyono. 2009. Statistika Untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.

Elida, Nunun. 2012. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Pembelajaran Think Talk Write (TTW)

Fatmawati, Intan. 2016. Penerapan Model Arias Dengan Media Prezi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMK Negeri 3 Salatiga. Fakultas Teknologi Informasi Universitas Kristen Satya Wacana Jl. Diponegoro 52-60, Salatiga 50711, Indonesia Diakses 11 Oktober 2017.

Faturrohman, M. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarata: Ar-Ruzz Media.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hamdayama, Jumanta. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Jakarta: Ghalia Indonesia

Hendrikus, Dori Wuwur. 2009. Retorika. Yogyakarta: Kanisius.

Hernawati, Kuswati. 2010. Modul Pelatihan Ispring Presenter. Modul (online), (http:/stafnew.uny.ac.id/uploud/132309677/pengabdian/modul-ispring-presenter.pdf)

Hosnan. 2016. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bogor: Ghali Indonesia.

Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jannati, Siti Khadijah. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Bandarlampung

KBBI. (2018). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. http://kbbi.web.id/pusat. Diakses pada tanggal 29 April 2019.

Mahmudi, Ali. 2009. Komunikasi dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal MIPMIPA UNHALU Volumme 8, Nomor 1, 2-3.

Marzuki, A. 2006. Implementasi Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Pemecahan Masalah Matematik Siswa. Tesis pada PPS UPI. Bandung : Tidak diterbitkan.

National Council of Teachers of Mathematics (NCTM). 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Reston, USA: NCTM, Inc.

Nella Kresma, E. 2014. Perbandingan Pembelajaran Konvensional dan Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Titik Jenuh Siswa Maupun Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Educatio Vitae, 1(1).

Ngalimun. 2014. Strategi dan Model Pembelajaran. Banjarmasin: Aswaja Presindo.

Rohmawati, A. 2015. Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 15-32.

Ryky dan Mya. 2014. Model Pembelajaran Think Talk Write Berbantu Kartu Misterius Pada Pembelajaran Siswa Kelas IV SD Negeri Batursari 6. Jurnal Pendidikan Universitas PGRI Semarang, Vol 4 No 1.

Silvianti, Rizka. Haninda Bharata. 2016. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP I) Universitas Muhammadiyah Surakarta

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Suryani, N. K., Atmadja, N. B., & Natajaya, I. N. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar Sosiologi Ditinjau Dari Motivasi Berprestasi Siswa Kelas X SMA PGRI 1 Amlapura. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 4(1).

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta.

Suhardani, L., Suarthana, W. R., & Surono, S. E. 2019. Peranan Audit Operasional Dalam Menunjang Efektivitas Penjualan Pada PT JPS. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Akuntansi, 5(5).

Suyitno. 2010. Keefektifan Penerapan model Pembelajaran (online). diakses 13 September 2019.

Suprapto, T., & Tommy, D. 2006. Pengantar Teori Komunikasi (online).

Turmudi. 2008. Taktik dan Strategi Pembelajaran Matematika (berparadigma eksploratif dan investigatif). Jakarta : Leuser Cipta Pustaka.

Zulkarnaini. 2011. Model kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Kerangka Deskripsi dan Berpikir Krisis. Bandung: Jurnal UPI. ISSN: 1412-565X Edisi Khusus No 2




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v4i1.8576

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.