Profil Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dalam Memecahkan Masalah Matematika Kontekstual pada Siswa Kelas VIII Ditinjau dari Gaya Kognitif
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis dalam memecahkan masalah matematika kontekstual pada siswa kelas kelas VIII ditinjau dari gaya kognitif Field Independent (FI) dan gaya kognitif Field Dependent (FD). Penelitian ini dilakukan siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Slawi pada kelas VIII G yang terdiri dari empat siswa, dua subjek dengan gaya kognitif Field Dependent dan dua siswa dengan gaya kognitif Field Independent. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Siswa dengan gaya kognitif Field Dependent subjek cenderung hanya memenuhi satu dari tiga aspek dalam indikator berpikir kreatif yaitu aspek kefasihan. Sehingga subjek berada pada tingkat kemampuan berpikir kreatif ke 1 (kurang kreatif). Sedangkan siswa dengan gaya kognitif Field Independent cenderung memenuhi tiga aspek dalam indikator berpikir kreatif yaitu kefasihan, kelenturan dan kebaruan. Sehingga subjek berada pada tingkat kemampuan berpikir kreatif ke 4 (sangat kreatif).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggo, M. (2011). Pemecahan Masalah Matematika Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi Siswa. Edumatica, 35.
Argarini, D. F. (2014). Karakteristik Berpikir Kreatif Siswa Kelas Vii Smp N 1 Kragan Dalam Memecahkan Dan Mengajukan Masalah Matematika Materi Perbandingan Ditinjau Dari Gaya Kognitif. JMEE, 4.
Argarini, D. F., Budiyono, & Sujadi, I. (2014). Karakterestik Berpikir Kreatif Siswa Kelas VII Mengajukan Masalah Matematika. IV, 1-12.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Azmi, U. (2013). Profil Kemampuan Penalaran Matematika Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Pada Materi Persamaan Garis Lurus Kelas VIII SMP YPM 4 Bohar. Surabaya: UIN Sunan Ampel.
Badruddin, E. (2013). Implementasi Pendekatan Realistik Pada Pembelajaran Operasi Bilangan Real Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK Negeri 5 Telkom Banda Aceh. Jurnal Peluang 2(1), -.
Fatima, A. A. (2019). Profil Intuisi Siswa Smp Dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif Reflektif Dan Impulsif. Jurnal Pendidikan Matematika, 550-558.
Harisa, R. K. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Berdasarkan Gaya Kognitif Dalam Pemecahan Masalah Berbasis Pemodelan Matematika. -, 1-12.
Hidayah, P. R. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Pembelajaran Problem Based Learning Bernuansa Etnomatematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Journal Of Mathematics Education Research, 14.
Huriyah, N. M. (2017). Proses Berpikir Kreatif Siswa Sma Dalam Memecahkan Masalah Matematika Openended Ditinjau Dari Kemampuan Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 50.
Hutagaol, K. (2013). Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Atematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Infinity, 88.
Immanuel, F. (2016). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Langsung Mata Pelajaran Matematika Kelas Vii Smpn 1 Namorambe. Jurnal Handayani, 118- 123.
Johnson, E. (2007). Contextual Teaching & Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasikkan Dan Bermakna. Bandung: Mizan Media Utama.
Lestari, Y. D. (2012). Metakognisi Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif . Jurnal Pendidikan Matematika, -.
Machromah, I. U. (2015). Analisis Proses Dan Tingkat Berpikir Kreatif. -: 613-624.
Marlissa, I. (2015). Pengaruh Strategi React Ditinjau Dari Gaya Kognitif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah, Prestasi Belajar Dan Apresiasi Siswa Terhadap Matematik. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 186-196.
Mas'ula. (2015). Profil Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Operasi Aljabar Kelas VIII-A SMP Harapan Tulangan. Sidoarjo: STKIP PGRI Sidoarjo.
DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v4i2.8981
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.