Proses Berpikir Kreatif Matematis dalam Menyelesaikan Pokok Bahasan SPLDV pada Peserta Didik SMA Kelas X Berdasarkan Perbedaan Jenis Kelamin

Miftakhul Huda Alkhoiri, Muhammad Saifuddin Zuhri, Muhtarom Muhtarom

Abstract


Perbedaan jenis kelamin sering kali disebut-sebut sebagai salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan seseorang, baik dari perkembangan fisik maupun perkembangan kognitifnya. Permasalahan dari penelitian ini adalah bagaimana kemampuan proses berpikir kreatif matematis peserta didik SMA kelas X dalam menyelesaikan pokok bahasan SPLDV berdasarkan perbedaan jenis kelamin. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan proses berpikir kreatif matematis peserta didik SMA kelas X dalam menyelesaikan pokok bahasan SPLDV berdasarkan perbedaan jenis kelamin. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskripstif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan purposive sampling, tes dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah sebanyak 4 peserta didik yaitu 2 peserta didik laki-laki dan 2 peserta didik perempuan kelas X SMA Negeri 1 Demak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik berjenis kelamin laki-laki memiliki proses berpikir kreatif matematis lebih baik dibandingkan dengan peserta didik berjenis kelamin perempuan. Dari ke 5 Indikator berpikir kreatif matematis perbedaan proses berpikir kreatif matematis antara peserta didik laki-laki dan peserta didik perempuan yaitu terletak pada indikator keaslian (originality).


Keywords


Berpikir Kreatif Matematis; Soal Matematika SPLDV; Jenis Kelamin

Full Text:

PDF

References


De Bono, Edward (2007). Revolusi Berpikir Edward De Bono:Belajar Berpikir Canggih dan Kreatif dalam Memecahkan Masalah dan Memantik Ide-Ide Baru/Edward De Bone. Diterjemahkan oleh: Ida Sitompul dan Fahmi Yamani. Bandung: Kaifa.

Firdaus. Abdul Rahman A’ari, Abdul Qohar. 2016. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA Melalui Pembelajaran Open Ended pada Materi SPLDV, (2007), 227-236.

Maulana. (2011). Mathematical creative thining, which is necessary! (Berpikir kreatif matematis, itu perlu!). dalam Dede T.S & Nurdinah H. (Penyunting), Prosiding The Second International Conference on Basic Education: Implementing core value of basic education as a means of improving the quality of human resources in facing globing challenges (hlm. 217-226). Bandung: Bintang Warli Artika.

Nafi’an, M.I. 2011. Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau dari Gender Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2011_ISBN:978-979-16353-6-3.

Potur, A & Borkul, O. 2009. Gender and Creative Thinking in Education: A Theoretical and Experimental Overview. ITU A/Z, 6 (2), 44-57.

Baer,J., & Kaufman, J. C. 2008. Gender Differences in Creativity. Journal of Creative Behavior Second Quarter, 42 (2), 75-105.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono, 2013.Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Faelasofi, R. (2017). IDENTIFIKASI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF. Jurnal Edumath, 3(2), 155-163.

Umar, M., Sumaila, Yusuf, M., & Bella. (2018). Gender, Interest, and School Types as Predictors of Academic Achievement in Trigonometry Amon Secondary School Students in KanoState, Nigeria. ATBU, Journal of Science, Technology & Education (JOSTE).

Mulyana, T & Sabandar, J. (2005). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa SMA Jurusan IPA melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Deduktif-Induktif. Makalah di Sampaikan pada Seminar Nasional. Bandung, 20 Agustus 2005. Diselenggarakan pada Jurusan Pendidikan Matematika FPMIPA UP




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v4i2.9198

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.