Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended pada Materi Bangun Datar Segiempat

Richo Alif Vitara, Muhammad Prayito, Widya Kusumaningsih

Abstract


Setiap individu pada dasarnya memiliki potensi kreatif dan pemikiran kreatif kemampuan siswa dapat ditingkatkan. Pemecahan masalah matematika membantu siswa dalam mengembangkan kemampuan berpikir kreatif, salah satunya dengan pemberian latihan soal dengan tipe masalah terbuka atau open-ended. Melalui mesalah terbuka siswa dapat menyelesaiakan soal dengan cara dan kemampuannya mereka sesuia dengan tingkat kreatifitas siswa itu sendiri. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan berpikir kreatif (TKBK) siswa kelas VIII SMP 3 Tanjung dalam menyelesaikan soal open-ended pada materi bangun datar segiempat. Subjek utama dalam penelitian ini adalah 6 siswa yang mewakili tingkatan kemampuan berpikir kreatif. Teknik pengambilan penelitian mengguanakan purposive sampling dan dilakukan dengan cara tes, wawancara. soal tes berbentuk open-ended dengan memperlihatkan 3 indikator berpikir kreatif yaitu, kefasihan, fleksibilitas, dan kebaruan. Dapat disimpulkan bahwa: penelitian menunujukan tidak adanya siswa yang mencapai TBK 4, TBK 3, dan TBK 2. Sedangkan hanya sedikit siswa yang memiliki tingkat berpikir kreatif kurang kreatif (TBK 1), dan sebagian besar siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif sangat rendah (TBK 0).


Keywords


Open-Ended; Tingkat Berpikir Kreatif; Bangun Datar Segiempat

Full Text:

PDF

References


Al-Oweidi, A. (2013). Creative Characteristics and Its Relation to Achievement and School Type among Jordanian Students. Creative Education, 4(1), 29-34.

BSNP. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 58 Tahun 2013 Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.

Imai, T. (2000). The Influence of Overcoming Fixation in Mathematics Towards Divergent Thinkingin Open-Ended Mathematics Problems on Japanese Junior High School Students. International Journal of Mathematical Education in Science and technology, 31(2), 187-193.

Putri, V. S. R. (2013). Identifikasi Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif (TKBK) Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open Ended pada Materi Segiempat di Kelas VIII SMP. MATHEdunesa, 2(2).

Ramdani, M., & Apriansyah, D. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman dan berpikir Kreatif Matematik Siswa Mts pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 1-7.

Siswono, T. Y. E. (2007). Desain Tugas untuk Mengidentifikasi Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Matematika. Jurnal Pancaran Pendidikan, 19, 495–509.

Supardi, U. S. (2015). Peran Berpikir Kreatif dalam Proses Pembelajaran Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(3), 248-262.

Richardo, R., Mardiyana, M., & Sari, D. R. (2014). Tingkat Kreativitas Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Divergen Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa (Studi pada Siswa Kelas IX MTS Negeri Plupuh Kabupaten Sragen Semester Gasal Tahun Pelajaran 2013/2014). Jurnal Pembelajaran Matematika, 2(2), 141-151.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v4i3.9859

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.