Pengembangan Bahan Ajar Teks Cerita Pendek Dengan Penerapan Strategi Transformasi Cerita Pengalaman Pribadi Tingkat SMP di Kabupaten Pati

Suprihadi Suprihadi, Asrofah Asrofah, Nazla Maharani Umaya

Abstract


ABSTRAK

 

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimanakah kebutuhan guru dan siswa terhadap bahan ajar teks cerita pendek dengan penerapan strategi transformasi cerita pengalaman pribadi  untuk peserta didik kelas IX SMP di kabupaten Pati? (2) Bagaimanakah pengembangan bahan ajar teks cerita pendek dengan penerapan strategi transformasi cerita pengalaman pribadi  untuk peserta didik kelas IX SMP di kabupaten Pati? Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode R&D (Researcd and Development). Tahapannya meliputi (1) menganalisis kebutuhan peserta didik dan guru, (2) penyusunan draf prototipe, (3) validasi pakar, (4) revisi draf produk, (5) uji produk, (6) analisis FGD bahan ajar, dan (7) protoptipe bahan ajar teks cerpen . Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan teknik angket. Sedangkan teknik pengumpulan data kualitas media menggunakan teknik validasi oleh validator ahli pakar. Hasil validasi bahan ajar yang didapat dari uji ahli adalah 84 % dengan kategori baik atau layak diuji cobakan. Hasil ketercapaian ketuntasan belajar menunjukkan sebanyak 80% peserta didik memperoleh nilai diatas KKM setelah menggunakan buku pengembangan bahan ajar teks cerita pendek dengan penerapan strategi transformasi cerita pengalaman pribadi  untuk peserta didik kelas IX SMP . Artinya, bahan ajar ini diperlukan dan dapat membantu guru dalam proses pembelajaran serta peserta didik dalam meningkatkan ide kreatifitas dalam menulis teks cerpen  sehingga memperoleh nilai diatas KKM.

 

Kata kunci: Teks Cerpen , Transformasi, Pengalaman Pribadi


Full Text:

PDF BAHASA

References


DAFTAR PUSTAKA

Aminudin. 2011. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung : Sinar Baru Algensindo

Aksan, Hermawan. 2015. Proses Kreatif Menulis Cerpen. Bandung : Nuansa Cendekia

A, Teeuw. 1984. Sastra dan Ilmu Sastra: Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Dunia Pustaka Jaya.

Kemendikbud. 2016. Permendikbud No 020 Tahun 2016 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta:kemendikbud.

Kemendikbud. 2016. Permedikbud Nomor 021 Tahun 2016 Tentang Standar Isi.Jakarta: Kemendikbud

Kemendikbud. 2016. Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud

Krismarsanti, Ermina. 2009. Karangan Fiksi dan Nonfiksi. Surabaya: JePe Press Media Utama

Huda, Miftahul. 2015. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Nurgiyantoro, Burhan. 2002. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press

Nurgiyantoro, Burhan. 1998. Transformasi Tokoh Pewayangan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Pranoto, Naning. 2015. Seni Menulis Cerita Pendek. Jakarta Timur : Opuss Agrapana Mandiri

Rahmanto, B. 1988. Metode Pengajaran sastra. Yogyakarta : Kanisius

Saefuddin Asis dan Ika Berdiati. 2015. Pembelajaran Efektif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya




DOI: https://doi.org/10.26877/teks.v7i2.12104

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

     

-------------------------------------------------------------------------------------------

Copyright of Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya p-ISSN 2461-0011 and e-ISSN 2461-0283

Creative Commons License
Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.