BAHAN AJAR TEKS EKSPLANASI KETENAGAKERJAAN DENGAN MEDIA GAMBAR BERSERI UNTUK SISWA KELAS XI SMK PENA WAJA KABUPATEN TEGAL

Ria Candra Dewi

Abstract


ABSTRAK

 Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menghasilkan produk bahan ajar teks eksplanasi ketenagakerjaan dengan media gambar di SMK Kabupaten Tegal (2) mendeskripsikan kelayakan bahan ajar teks eksplanasi ketenagakerjaan dengan media gambar  SMK di Kab. Tegal yang dikembangkan berdasarkan ahli media, ahli materi, guru, dan siswa .

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Recearc and Development (R&D) mengadopsi dari Sugiyono yang meliputi langkah-langkah sebagai berikut : (1) Studi Pendahuluan, yakni studi literatur dan studi lapangan, 2. Studi Pengembangan, meliputi: (1) desain produk awal, (2) koreksi desain dari para pakar, (3) revisi desain, (4) uji coba terbatas, (5) Focus Grup Diskusi (FGD), (6) revisi produk.

Hasil penelitian validasi ahli menunjukan presentasi di atas 90 % . Setelah bahan ajar divalidasi dan diujicobakan mendapat penilaian dari guru bahasa Indonesia atau ahli di lapangan berdasarkan empat aspek diantaranya (1) kelayakan isi, (2) Kebahasaan, (3) Sajian dan (4) kegrafisan Hal tersebut dapat dilihat dari jumlah persentase nilai yang mencapai diatas 80%.

Berdasarkan hasil data penilaian instrument bahan ajar menulis teks eksplanasi, maka diperoleh kesimpulan bahwa bahan ajar teks eksplanasi  ketenagakerjaan  dengan media gambar sangat baik dan bisa dipergunakan untuk kegiatan belajar mengajar.

 

Kata Kunci :Bahan ajar, Teks eksplanasi ketenagakerjaan, Media Gambar

 

 

 


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Alimah .2018.Pengembangan Bahan Ajar Menulis . Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Eksplanasi dengan Pendekatan Kooperatif Model Stad Kelas XI SMK Negeri 6 Samarinda dalam jurnal Looa Vol. 13, Nomor 2.

Andyani, Novita, Kundharu Saddhono, dan Yant Munyanto. 2016. Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi dengan Menggunakan Media Audiovisual pada Siswa Sekolah Menengah Pertama Jurnal Penelitian Bahasa , Sastra Indonesia, dan Pengajarannya Volume 4 Nomor 2, Oktober 2016, ISNN 12 302 -6405.

Arikunto, Suharsimi. 2010.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: PT Rineka Cipta.

Dalman. 2015. Ketrampilan Menulis. Jakarta PT Rajagrafindo Persada.

Depdiknas.2003.Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang

Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) Republik Indonesia (diakses dari www.google.com) pada tanggal 26 November pukul 05.10).

Faizah, Umi. 2009. “Keefektifan Cerita Bergambar untuk Pendidikan Nilai dan Keterampilan Berbahasa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia,” dalam Cakrawala Pendidikan Edisi November 2009, Th. XXVIII, No. 3. Yogyakarta: UNY.

Hanik Ni’matul, Ngasbun Egar, Harjito.2017.“Penggunaan Komik dalam Pembelajaran Menulis Poster Sebagai Pengembangan Bahan Ajar untuk MTS Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan PengajarannyaPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Program Pascasarjana Universitas PGRI Semarang, Volume 2, Isu 1 Februari 2017, ISSN: 2461-0011 e-ISSN: 2461-0283

Hartono, Rudi. 2013. Ragam Mengajar yang Mudah Diterima Murid. Yogyakarta: Diva Prees.

Imas, Kurniansih, 2014. Panduan Membuat Bahan Ajar (Buku Teks Pelajaran).Surabaya Kata pena.

Kustina , Rika dan Hanita Karlina.2014.”Efektifitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assited Individualization(TAI) dalam Materi Pengenalan Struktur Teks Eksplanasi Pada Siswa Kelas VII. 1 SMP Negeri 3 Banda Aceh. Volume V Nomor 2, ISSN 2086-1397.

Kosasih, E. 2016. Jenis-Jenis Teks Analisis Fungsi, Struktur, dan

Kaidah Serta Langkah Penulisannya . Bandung : Penerbit Yrama Widya.

Lestari, Ika. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang : Akademia Pratama.

Narsilah , Elsan, E. Kosasih, Khaerudin Kurniawan. 2019. Teks Eksplanasi Sebagai Bahan ajar Bahasa Indonesia di Kelas XI SMAN 5 Bandung (Kajian Deskiptif Kualitatif terhadap Fungsi, Struktur dan Kaidah Kebahasaan dalam Proses Pembelajaran Berbasis Genre) dalam Diglosia - Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Majalengka Vol. 3, No. 1, Februari 2019 e- ISSN: 2549-5119.

Kusumangtyas, dkk. 2018. Uji Kompetensi Guru. Jakarta : Bumi Aksara Mahsun. 2018. Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks. Depok : PT

Rajagrafindo Persada

Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar inovatif. Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta. Diva Press

Rimayanti, Ade Ina dan Jaja. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Teks Eksplanasi Berdasarkan Berita Media Massa Cetak di kelas XI SMA Majalengka dalam Jurnal Tuturan, Vol. 7, No. 2, PISSN 2089-2616 EISSN 2615-3572.

Subana dan Sunanti. 2011. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia: Sebagai Pendekatan, Metode, Teknik, dan Media Pengajaran. Bandung: Pustaka Setia.

Sudjana , Nana dan Ahmad Rifai. 2017. Media Pengajaran. Bandung: Penerbit Sinar Baru Algensindo.

Saleh,Moch.2016. Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Ekplanasi Komplek Melalui Model Stad pada Siswa SMA. Jurnal Riset dan




DOI: https://doi.org/10.26877/teks.v7i1.12106

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

     

-------------------------------------------------------------------------------------------

Copyright of Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya p-ISSN 2461-0011 and e-ISSN 2461-0283

Creative Commons License
Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.