KEEFEKTIFAN PJJ MATERI MENULIS TEKS PERSUASIF MELALUI MEDIA YOUTUBE PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 PANGKAH TAHUN AJARAN 2021/2022
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi karena kurang minatnya siswa dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya keefektifan pembelajaran jarak jauh materi menulis teks persuasif melalui media youtube pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pangkah.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen dengan teknik pengambilan sampelnya menggunakan teknik purposive sampling.
Perhitungan uji hipotesis menunjukkan bahwa didapatkan sig. (2-tailed) sebesar 0,001 setelah itu dibandingkan dengan α 5% dan α 1%, maka dapat disimpulkan bahwa sig. (2-tailed) < Alpha penelitian (0,05 dan 0,01), maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dari analisis akhir yang dilakukan ditemukan pembelajaran menggunakan media youtube efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks persuasif.
Kata Kunci: keefektifan, media, menulis, persuasif, youtube
ABSTRACT
This research is motivated by the lack of interest of students in implementing distance learning. The purpose of this study was to determine the effectiveness of distance learning in writing persuasive texts through youtube media for class VIII students of SMP Negeri 2 Pangkah.
This research uses experimental quantitative methods with the sampling technique using purposive sampling technique.
The calculation of the hypothesis test shows that sig. (2-tailed) of 0.001 after that compared with 5% and 1%, it can be said that sig. (2-tailed) < Alpha research (0.05 and 0.01), then H0 is rejected and Ha is accepted. From the final analysis carried out, it was found that learning using YouTube media was used in learning to write effective persuasive texts.
Keywords: effectiveness, media, writing, persuasive, youtube
DOI: https://doi.org/10.26877/teks.v7i1.12146
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
-------------------------------------------------------------------------------------------
Copyright of Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya p-ISSN 2461-0011 and e-ISSN 2461-0283
Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.