Cerita Dongeng Religi sebagai Pembentukan Karakter Siswa SDN 3 Kedung Jepara

Setia Naka Andrian, azzah Nayla

Abstract


Daya ingat anak-anak terhadap suatu hal akan tertanam tajam jika disampaikan melalui cerita dongeng. Oleh karena itu, diperlukan pemanfaatan cerita fantasi sebagai upaya untuk menarik perhatian anak-anak ketika melaksanakan peroses kegiatan belajar mengajar di kelas. Hal tersebut seperti yang dilaksanakan di SDN 3 Kedung Jepara, dalam pembelajaran yang berlangsung para guru memanfaatkan cerita dongeng yang memuat kisah cerita religi atau keagamaan. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan bagaimana cerita dongeng religi membentuk karakter siswa SDN 3 Kedung Jepara. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitan kualitatif dengan pendekatan multidisplin dalam penelitian terhadap pendidikan karakter melalui cerita dongeng bagi siswa SDN 3 Kedung Jepara. Langkah-langkah penelitian yang dilakukan adalah pengambilan data berdasarkan prosedur yang disampaikan Moleong (2002:85), yaitu (1) Tahap Pralapangan, (2) Tahap Kerja (3) Tahap Analisa Data. Para siswa SDN 3 Kedung Jepara menyukai dongeng terutama pada dongeng-dongeng yang bermuara pada kisah-kisah religi. Dalam pembelajaran yang berlangsung, para guru memanfaatkan cerita dongeng dengan tema religi dikarenakan anak-anak menyukai cerita nabi dan kebiasaan masyarakat setempat yang cenderung agamis serta gemar tolong-menolong. Terlebih di kalangan msyarakat setempat, didapati budaya masyarakat pedesaan yang cenderung memiliki pegangan agama yang kuat dan memiliki budaya tolong-menolong begitu kendal bagi segenap lapisan masyarakat. Sehingga selanjutnya, tema-tema religius dan tolong-menolong tersebut begitu melekat dalam cerita dongeng yang diberikan kepada para siswa. Dengan demikian, ketika para guru memanfaatkan cerita religi untuk dijadikan cerita dongeng pada pembelajaran, para siswa akan tertarik, semangat, dan bahkan merasa senang.

Full Text:

PDF BAHASA Remote

References


DAFTAR PUSTAKA

Asriningsari, Ambarini, Azzah Nayla, Rosalina Br. Ginting. 2018. “Animated Media Development of Social Context in Learning Writing Short Stories” IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSRJRME) Volume 8, Issue 3. Ver III (May-June 2018). http://www.iosrjournals.org/iosr-jrme/papers/Vol-8%20Issue-3/Version-5/E0803051620.pdf

Agus, D.S. 2008. Mendongeng Bareng Kak Agus D.S. Yuk. Yogyakarta: Kanisius.

Baraja, Abubakar. 2006. Mendidik Anak dengan Teladan. Jakarta: Studia Press.

Borich, Gary D. 1994. Observation Skills for Effective Teaching (2”ed.) Colombus, OH: Merril.

Bunain, Burhan. 2003. Analisa Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Cipta Loka Caraka. 1971. Teknik Mengarang. Yogyakarta: Kanisius.

Hasan, Said Hamid, dkk,. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum

Horhandayani. 2007. Ma.. Dongengin Aku Yuk. Surakarta: Afra Publishing.Priyono, Kusumo. 2006. Terampil Mendongeng. Jakarta: Grasindo.

Luxemburg, Jan Van. 1982. Pengantar Ilmu Sastra, dkk. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Nuraini, Farida. 2010. Membentuk Karakter Anak dengan Dongeng. Surakarta: Indiparent.

Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter.

Stanton, Robert. 2019. Teori Fiksi. Pustaka Pelajar.

Teeuw, A. 1984. Sastra dan Ilmu Sastra. Jakarta: Pustaka Jaya.

Wellek dan Warren. 1989. Teori Kasusastraan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.




DOI: https://doi.org/10.26877/teks.v8i2.17257

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

     

-------------------------------------------------------------------------------------------

Copyright of Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya p-ISSN 2461-0011 and e-ISSN 2461-0283

Creative Commons License
Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.