PENGGUNAAN E-COMIC PADA PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN SEBAGAI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK SMA DI KOTA SEMARANG

Sriani Uswatul Khoiriyah, Rachmat Djatun, Suwandi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran dengan menggunakan media berbasis e-comic sebagai media untuk menulis cerpen. Pengembangan media pembelajaran menulis cerpen berbasis e-comic ini ditempuh melalui empat tahap pengembangan, yaitu (1) tahap pendahuluan, meliputi; analisis teoritis dan praktis, analisis kebutuhan guru dan peserta didik, penyusunan draf model/ prototipe media e-comic, (2) tahap pengembangan, meliputi; uji ahli yang divalidasi oleh 1 orang ahli materi dan 1 orang ahli media, revisi media e-comic, (3) tahap pengujian, meliputi; uji penggunaan produk. (4) tahap akhir, meliputi; Menganalisis hasil uji coba dan perbaikan media e-comic, jenis produk final yang dihasilkan berupa media berbasi e-comic. penelitian ini, disarankan bahwa hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai salah satu alternatif perbaikan pengembangan media pembelajaran sesuai dengan fasilitas yang disediakan sekolah. Namun secara khusus, saran dalam penelitian ini ditujukan kepada guru agar senantiasa kreatif dalam mencapai tujuan pembelajaran dengan memanfaatkan media pembelajaran berbasis e-comic.


Keywords


Kata Kunci: E-comic, Menulis cerpen, Media

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/teks.v1i1.2752

Refbacks







     

-------------------------------------------------------------------------------------------

Copyright of Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya p-ISSN 2461-0011 and e-ISSN 2461-0283

Creative Commons License
Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.