KEBUDAYAAN DAN BAHASA TAMILOUW DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI 8 AMAHAI (TAMILOUW) KELAS VIII KABUPATEN MALUKU TENGAH

Sarban Akohilo, Akmal, Harjito

Abstract


Pengenalan keadaan lingkungan, sosial, dan budaya kepada peserta didik yang memungkinkan mereka untuk lebih mengakrabkan dengan lingkungannya. Berdasarkan uraian tersebut maka rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah pembelajaran bahasa Indonesia berbasis bahasa Tamilouw dapat meningkatkan pengetahuan siswa SMP Negeri 8 Amahai (Tamilouw) tentang budaya berbahasa daerah dan budaya Tamilouw, apakah melalui penulisan pengalaman pribadi dengan menggunakan bahasa Tamilouw siswa dapat menggambarkan budaya Tamilouw dalam karangannya, dan apakah faktor lingkungan dapat mempengaruhi pemahaman siswa tentang budaya Tamilouw. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, penliti menggunakan tiga teknik yaitu teknik observasi yang mana peneliti melakukan pengamatan secara langsung, teknik wawancara untuk menggali asal usul siswa berdasrkan hasil penulisan pengaman pribadinya, dan teknik dokumentasi dengan menggunakan HP untuk mendapatkan data yang sempurna. Hasil dari penelitian ini disimpulkan, dalam tulisan siswa terkait dengan penulisan pengalaman pribadi dengan menggunakan bahasa Tamilouw masih belum sesuai dengan harapan dimana dalam penulisan siswa masih mengalami kendala dalam menyusun kata demi kata dalam kalimat. Dari penulisan pengalaman pribadi ditemukan beberapa budaya yang terkandung didalamnya yaitu budaya gotong royong, budaya makan patita, budaya cakalele, budaya menari, dan legenda hatumary.

Keywords


Kata Kunci: Menulis, Bahasa, Budaya Tamilouw

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/teks.v1i1.2758

Refbacks







     

-------------------------------------------------------------------------------------------

Copyright of Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya p-ISSN 2461-0011 and e-ISSN 2461-0283

Creative Commons License
Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.