PENGGUNAAN MEME KOMIK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS POSTER SEBAGAI PENGEMBANGAN BAHAN AJAR UNTUK KELAS MTs

Ni'matul Hanik, Ngasbun Egar, Harjito

Abstract


Permasalahan penelitian yang dibahan dalam artikel ini adalah mengenai kebutuhan guru dan peserta didik terhadap bahan ajar menulis poster dengan meme komik untuk peserta didik kelas VIII MTs, bentuk prototype bahan ajar menulis poster dengan meme komik untuk peserta didik kelas VIII MTs. Tujuan penelitian dilakukan untuk mendeskripsikan kebutuhan guru dan peserta  didik  terhadap  bahan  ajar  menulis  poster  dengan  meme  komik  untuk peserta didik kelas VIII MTs, mendeskripsikan bentuk prototype bahan ajar menulis poster dengan meme komik untuk peserta didik kelas VIII MTs. Penelitian ini dilaksanakan di MTs. Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jepara dan MTs Masalikil Huda Tahunan Jepara. Instrumen yang digunakan adalah angket untuk peserta didik, guru dan ahli. Dari penelitian ini, dapat diketahui bahwa peserta didik dan guru membutuhkan bahan ajar menulis poster dengan meme komik sebagai penunjang proses belajar mengajar, khususnya mata pelajaran Bahasa Indonesia.


Keywords


Kata kunci: Bahan ajar, Menulis poster, dan Meme komik

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/teks.v2i1.2774

Refbacks







     

-------------------------------------------------------------------------------------------

Copyright of Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya p-ISSN 2461-0011 and e-ISSN 2461-0283

Creative Commons License
Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.