PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS PUISI DENGAN METODE MIND MAPPING BERBASIS KEINDAHAN ALAM PADA SISWA KELAS X SMK KABUPATEN PEKALONGAN

Fajar Prabowo, Harjito Harjito, Suwandi Suwandi

Abstract


H

Hasil penelitian ini menunjukkan kebutuhan siswa dan guru terkait bahan ajar menulis puisi, ketersediaan bahan ajar yang selama ini beredar dan digunakan dalam proses pembelajaran. Prototipe konten yang terdapat dalam bahan ajar menulis puisi menggunakan metode mind mapping berbasis keindahan alam, secara sistematis isi bahan ajar menulis puisi menggunakan metode mind mapping berbasis keindahan alam meliputi: sampul, kata pengantar, daftar isi, pemetaan kompetensi inti dan kompetensi dasar, konsep pembelajaran menulis puisi menggunakan metode mind mapping berbasis keindahan alam sebagai komponen isi bahan ajar ada empat, yaitu (1) Bab I Elemen Bangunan Puisi, (2) Bab II Rima Dalam Puisi, (3) Bab III Majas Dalam Puisi, (4) Bab IV proses pembelajaran kegiatan menulis puisi menggunakan metode mind mapping berdasarkan keindahan alam, (5) Pedoman untuk penilaian dan penilaian penulisan puisi dengan metode mind mapping berdasarkan keindahan alam. Kompetensi inti dan kompetensi dasar yang digunakan dalam pengembangan bahan ajar untuk menulis puisi dengan menggunakan metode mind mapping ini berdasarkan keindahan alam, yaitu kompetensi inti dan kompetensi dasar yang ditemukan di kelas X SMK.


Keywords


bahan ajar, menulis puisi, metode pemetaan pikiran.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/teks.v5i1.6327

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






     

-------------------------------------------------------------------------------------------

Copyright of Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya p-ISSN 2461-0011 and e-ISSN 2461-0283

Creative Commons License
Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.