PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO INTERAKTIF BELAJAR PANTUN BERBANTU SMART APP CREATOR UNTUK SD DI KABUPATEN SEMARANG
Abstract
ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan (1).Mendeskripsikan media belajar pantun yang sudah ada di sekolah dasar Kabupaten Semarang.(2).Mendeskripsikan kebutuhan awal guru dan siswa terhadap pengembangan media video interaktif belajar pantun berbantu smart App creator untuk SD di Kabupaten Semarang.(3)Mendeskripsikan pengembangan media video interaktif belajar pantun berbantu smart App creator untuk SD di Kabupaten Semarang.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Research and Development (R&D) mengadopsi dari Sugiyono yang meliputi langkah-langkah sebagai berikut : 1) Studi Pendahuluan, yakni studi literatur dan studi lapangan, 2). Studi Pengembangan, meliputi: (1) desain produk awal, (2) koreksi desain dari para pakar, (3) revisi desain, (4) uji coba terbatas, (5) Focus Grup Diskusi (FGD), dan (6) revisi produk.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di Kabupaten Semarang. Sempel dalam penelitian ini SDN Bergaslor 01 dan SD Kanisius Girisonta.
Hasil penilaian validasi pakar/ahli menunjukkan presentase keseluruhan yang didapat adalah 90,3% atau jika dikonversikan ke dalam kriteria atau kategori mendapat predikat layak diujicobakan. Setelah divalidasi, media pembelajaran diujicobakan di sekolah yang diteliti dan mendapatkan penilaian guru kelas V di dua sekolah tersebut, didapatkan hasil yaitu kelayakan penyajian media pembelajaran bagi guru mendapat nilai 93 %. Jika dikonversikan kedalam kriteria atau kategori KD. 3.6 Menggali isi dan amanat pantun yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan kesenangan mendapat predikat layak.
Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan dikategorikan layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Pengembangan media video interaktif berbantu smart app creator dapat memberikan suasana baru yang menyenangkan bagi siswa sehingga siswa termotivasi dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran.
Jakarta :Rajawali Pers
Damayanti, D. 2013. Buku pintar sastra Indonesia. Puisi, Sajak, Syair, Pantun dan Majas.Yogyakarta. Araska.
Depdiknas.2003.Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) Republik Indonesia (diakses dari www.google.com)
Lestari, Ika. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang : Akademia Pratama
Hidayati Inur, 2008. Kumpulan Pantun Untuk SD – SMP. Yogyakarta. Indonesia Tera.
https : //inosi.co.id / membuat-mobile-apps- multimedia-interaktif-dengan-smart-
apps- creator/
Priyanto Agus. 2014. Kamus Lengkap Pantun Indonesia. Panduan Wajib Untuk Semua Siswa Dan Pengajar SD, SMP & SMA. Jakarta. Kunci Aksara.
Majid,Abdul.2009. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru.. Bandung : PT.Remaja Rosdakarya.
Mihardja Ratih. 2012. Buku Pintar Sastra Indonesia. Jakarta. TP. Niaga Swadaya.
Mulyaningsih , Neng Nenden. 2017. "Penerapan Media Pembelajaran Digital Book dengan Kvisoft digital book berbasis flipbook maker". JPF Jurnal PendidikanFisika, Volume V, Nomor 1.
Nurgiyantoro, B. (2013). Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Pannen, P.1995. Mengajar di Perguruan Tinggi, buku empat, bagian Pengembangan . Bahan Ajar. Jakarta: PAU-PPAI, Universitas Terbuka.
Prastowo Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar inovatif. MenciptakanMetode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Diva Press Riyana Cepi, 2009. Media Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima
Setiyo, Edi, Zulhermanan, dan Harlin. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran
Sugiarto Eko. 2015. Terampil Menulis : Tips dan Trik Menulis Laporan, Opini, Cerpen Puisi, Pantun. Yogyakarta. Morfalingua
DOI: https://doi.org/10.26877/teks.v6i2.9171
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
-------------------------------------------------------------------------------------------
Copyright of Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya p-ISSN 2461-0011 and e-ISSN 2461-0283
Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.