Analisis Pemahaman Konsep Matematis pada Siswa SMP Terhadap Materi Bilangan Pecahan Melalui Penggunaan E-Learning Video Pembelajaran

Riski Vanny Indriani, Muhtarom Muhtarom, Irkham Ulil Albab

Abstract


Pemahaman konsep merupakan kemampuan menyatakan kembali definisi yang telah dipahami dengan bahasanya sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemahaman konsep matematis pada siswa terhadap materi bilangan pecahan melalui penggunaan e-learning video pembelajaran. Jenis penelitian ini merupakan kualitatif deskriptif. Subjek yang diambil pada penelitian ini masing-masing satu untuk kategori penggunaan berkemampuan tinggi, penggunaan berkemampuan sedang, dan penggunaan berkemampuan rendah. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan memberikan angket penggunaan e-learning video pembelajaran, tes pemahaman konsep matematis, dan wawancara. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi waktu yaitu pengujian kredibilitas data melalui pengecekan dengan wawancara dalam waktu yang berbeda. Analisis dikembangkan berdasarkan indikator pemahaman konsep matematis dengan memperhatikan kemampuan penggunaan e-learning video pembelajaran yang dimiliki oleh subjek. Hasil penelitian ini menunjukan pemahaman konsep matematis adalah sebagai berikut : (1) Subjek dengan penggunaan e-learning video pembelajaran berkemampuan tinggi masih kurang baik pada indikator menyatakan ulang sebuah konsep, memberi contoh dan bukan contoh dari suatu konsep, dan mengaplikasikan konsep atau algoritma pada pemecahan masalah; (2) Subjek dengan penggunaan e-learning video pembelajaran berkemampuan sedang mampu menyatakan ulang sebuah konsep, mengklasifikasikan objek menurut sifat-sifat tertentu sesuai dengan konsepnya, member contoh dan bukan contoh dari suatu konsep, menyajikan konsep dalam berbagai representasi matematis, dan mengaplikasikan konsep atau algoritma pada pemecahan masalah; (3)Subjek dengan penggunaan e-learning video pembelajaran berkemampuan rendah belum mampu memenuhi semua indikator pemahaman konsep matematis yang telah ditentukan.


Keywords


Pemahaman Konsep Matematis; Penggunaan E-Learning; Video Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Agustina, M. (2013). Pemanfaatan E-Learning sebagai Media Pembelajaran. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI).

Akhmad, B., Tamsik, U., & Zaenudin, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel IPA di Min Kroya Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(1), 116-137.

Andamon, J. C., & Tan, D. A. (2018). Conceptual Understanding, Attitude and Performance in Mathematics of Grade 7 Students. International journal of Scentific & Technology Research, 7(8), 96-105.

Annajmi, A. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematik Siswa SMP Melalui Metode Penemuan Terbimbing Berbantuan Software Geogebra. MES (Journal of Mathematics Education and Science), 2(1), 1-10.

Asri, F. M., Ruslan, R., & Asdar, A. (2019). Deskripsi Pemahaman Konsep Matematika Siswa Ditinjau dari Intensitas Penggunaan E-Learning Quipper Video. IMED: Issues in Mathematics Education, 3(2), 148-161.

Astriana, M., Murdani, E., & Mariyam, M. (2017). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Operasi Bilangan Pecahan. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 2(1), 27-31.

Cahyadi & Nur, R. (2016). Efektivitas Penerapan E-Learning Quipper School dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Makasar. Diploma Thesis. Universitas Negeri Makassar

Hutagalung, R. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Guided Discovery Berbasis Budaya Toba di SMP Negeri 1 Tukka. MES (Journal of Mathematics Education and Science), 2(2), 70-77.

Nasution. (2005). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Nurdin, E., Ma’aruf, A., Amir, Z., Risnawati, R., Noviarni, N., & Azmi, M. (2019). Pemanfaatan Video Pembelajaran Berbasis Geogebra untuk meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMK. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 87-98.

Pujilestari, Y. (2020). Dampak Positif Pembelajaran Online dalam Sistem Pendidikan Indonesia Pasca Pandemi Covid-19. ‘Adalah Buletin Hukum & Keadilan, 4(1), 49-56.

Purwanto, Y. & Rizki, S. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual pada Materi Himpunan Berbantu Video Pembelajaran. AKSIOMA Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, 4(1), 67-77.

Saputra, M. E. A. & Mujib, M. (2018). Efektivitas Model Flipped Classroom Menggunakan Video Pembelajran Matematika Terhadap Pemahaman Konsep. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 173-179.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumarni, S., Darhim, D., Fatimah, S., Priatna, N., Anjelita, A., & Taufik, A. (2018). The Students Mathematical Concept Understanding Ability Through Cooperative Learning Type Jigsaw Visual Media. Journal of Physics: Conference Series, 1132, 3rd International Conference on Mathematical Sciences and Statistics 6–8 February 2018, Le Meridien Putrajaya, Malaysia.

Surjono. (2011). Membangun Course E-Learning Berbasis Moodle. Yogyakarta: UNY Perss.

Susanto, L. A. W. & Yudanti, E. (2020). Efektivitas Video Pembelajaran Atematika Kelas VII SMP pada Konsep Operasi Bilangan Bulat. Jurnal PRIMATIKA, 9(2), 101-110.

Wardani, S. (2010). Teknik Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika di SMP/MTs. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika.

Wardhani. (2008). Analisis SI dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs untuk Optimalisasi Tujuan Mata Pelajaran Matematika. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v4i4.10134

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.