Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Math Learning Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII SMP Negeri 1 Mranggen

Oky Fatmawati, Nizarudddin Nizarudddin, Sugiyanti Sugiyanti

Abstract


Media pembelajaran digunakan sebagai sarana interaksi dan komunikasi antara guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan unruk Menghasilkan produk media pembelajaran berbasis android Math Learning pada sistem persamaan linear dua variabel yang memenuhi keriteria kelayakan dan Mendapat respon positif peserta didik sebagai pengguna media pemebelajaran berbasis android Math Learning pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang diadaptasi dari model pengembangan ADDIE. Tahapannya ada 5 tahap yaitu: 1) Analysis (Analisis), 2) Design (Perancangan), 3) Development (Pengembangan), 4) Implementation (Implementasi), dan 5) Evaluation (Evaluasi), Validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media  yaitu dosen pendidiikan matematika Universitas PGRI Semarang dan guru matematika SMPN 1 Mranggen. Media yang dikembangkan diujicobakan kepada 32 peserta didik kelas VIIIE SMPN 1 Mranggen. Hasil penelitiian ini yaitu Media pembelajaran berbasis android Math Learning pada materi sistem persamaan linear dua variabel layak digunakan sebagai media pembelajaran. Peserta didik Kelas VIII E merespon positif adanya media pembelajaran berbasis android pada materi sistem persamaan linear dua variabel.


Keywords


Pengembangan; Media Pembelajaran; Math Learning

Full Text:

PDF

References


Abdurrozak, M. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Melalui Adobe Flash Player Pada Mata Pelajaran Ibadah Kelas VIII SMP Muhammadiyah Jatilawang. Skripsi. Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Purwekerto.

Anggraeni, R. D. & Kustijono, R. (2013). Pengembangan Media Animasi Fisika pada Materi Cahaya dengan Aplikasi Flash Berbasis Android. Jurnal Pendidikan Fisika dan Aplikasinya (JPFA), 3(1), 11-18.

Ansharullah, A. & Ristiliana, R. (2012). Pengaruh Pemanfaat Media Pembelajaran Terhadap Aktivitas Peserta Didik. Jurnal Kutubkhannah, 15(1), 38-49.

Aqil, I. (2010). Sistem Informasi Alumni Program Diploma pada Bina Sriwijaya Palembang Berbasis Web. Jurnal IPTEK, 1-10.

Arifin, Z. (2016). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Reamaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto, S. & Jabar, C. S. A. (2008). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Daryanto. (2013). Media Pembelajaran.Yogyakarta: Graha Media.

Djamarah S. B. & Zain, A. (1997). Strategi Mengajar. Jakarta; Rineka Cipta.

Djamarah S. B. & Zain, A. (2010). Strategi Mengajar Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Huda, A. A. (2013). Live Coding! 9 Aplikasi Buatan Sendiri. Yogyakarta: Andi.

Juliana, P. I. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powtoon dengan Model Pembelajaran CPS Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta didik Kelas VII SMPN 1 Demak. Skripsi. Universitas PGRI Semarang.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Kusnadi, C. (2011). Media Pengajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Majid, A. (2016). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdikarya Ofiset.

Malau, dkk. (2015). Jurnal Pendidikan Matematika dan Terapan. Volume 1 Nomor 2, hal 1.

Muhsom, A. (2010). Pengembangan Media Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuantansi Indonesia, 8(2), 1-10.

Nilamsari, N. (2013). Memahami Studi Dokumen dalam Penelitian Kualitatif. Wacana, 13(2), 177-181.

Permatasari, B. A. D., Setiawan, T. B., & Kristiana, A. I. (2015). Analisis Kesulitas Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Materi Aljabar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Bangil. Jurnal Kadikma, 6(2), 119-130.

Pribadi, B. A. (2009). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Sari, D. K. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran POP-UP Math Book Berbasis RME Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Skripsi. Universitas PGRI Semarang.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v4i4.10182

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.