Analisis Minat Belajar Matematika Siswa yang Diterapkan pada School from Home (SFH)

Fara Prissilia Putri, Aryo Andri Nugroho, Rizky Esti Utami

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan minat belajar matematika siswa pada pembelajaran school from home. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek yang diambil adalah 6 siswa kelas XI Akuntansi SMK Muhammadiyah 06 Comal yang terpilih melalui pengisian angket minat belajar yang masing-masing memiliki minat belajar tinggi (2 siswa), minat belajar sedang (2 siswa) dan minat belajar rendah (2 siswa). Selanjutnya subjek diwawancarai untuk menggali informasi lebih dalam. Teknik analisis data dilakukan dengan 3 tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kategori minat belajar tinggi memenuhi 4 indikator minat belajar, siswa dengan kategori minat belajar sedang memenuhi 3 indikator minat belajar dan siswa dengan kategori minat belajar rendah memenuhi 1 indikator minat belajar.

Keywords


minat belajar; school from home.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2015). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.

Djamarah, S. B. (2002). Psikologi Belajar. Rineka Cipta.

Djamarah, S. B. (2015). Psikologi Belajar. Rineka Cipta.

Dores, O. J., Huda, F. A., & Riana, R. (2019). Analisis Minat Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Negeri 4 Sirang Setambang Tahun Pelajaran 2018/2019. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 38–48. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v1i1.408

Megasari, S. N. (2015). Pengaruh Motivasi Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas III SD N Pandansari Warungasem Batang Tahun Ajaran 2014/2015.

Moleong, L. J. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Choi, C. H., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397

Rusmiati. (2017). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Bidang Studi Ekonomi Siswa Ma Al Fattah Sumbermulyo. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 1(1), 21–36. http://journal.stkipnurulhuda.ac.id/index.php/utility

Sardiman. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Pers.

Siswoyuono, A. M., & Susilo, B. E. (2016). Komparasi Pembelajaran SAVI dan REACT Pada Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas-VIII Materi Kubus dan Balok. Beta Jurnal Tadris Matematika, 9(1), 15. https://doi.org/10.20414/betajtm.v9i1.3

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Rineka Cipta.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Rineka Cipta.

Soedjadi, R. (2000). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia Konstatasi Keadaan Masa Kini Menuju Harapan Masa Depan. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2018). metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. alfabeta.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana.

Susongko, P., Hidayati, F., & Isnani. (2020). Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti. E-Journal Ups, 4(januari 2020), 1–11.

Thoha, C. dan M. (1998). PBM PAI di Sekolah. Pustaka Belajar.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v4i4.10856

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.