Efektifitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Komik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP
Abstract
Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan komik untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Sepuluh Nopember 2 Semarang. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Sepuluh Nopember 2 Semarang Tahun Pelajaran 2021/2022 sebanyak 4 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling diperoleh kelas VIII C, VIII A, dan VIII B SMP Sepuluh Nopember 2 Semarang. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantifatif. Hasil penelitian ini adalah: 1) Terdapat perbedaan efektifitas model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan komik, model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan video pembelajaran, dan model pembelajaran konvensional untuk meningkatkan hasil belajar siswa. 2) Efektifitas model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan komik lebih baik dibanding dengan model pembelajaran konvensional. 3) Efektifitas model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan video pembelajaran lebih baik dibanding dengan model pembelajaran konvensional. 4) ) Efektifitas model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan komik lebih baik dibanding dengan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan video pembelajaran. 5) Terdapat pengaruh sikap dan keterampilan siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan komik dan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan video pembelajaran. 6) Hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan komik dapat mencapai ketuntasan individu dan klasikal, sedangkan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan video pembelajaran belum dapat mencapai ketuntasan individu dan klasikal.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran, Edisi Revisi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Aziz, &. S. (2015). Analisis Kesulitan Kognitif dan Masalah Afektif Siswa Sma. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2.
Bungel, M. F. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 2(1), 45-54.
Gunantara, G. S. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1).
Hidayatulloh, M. S. (2016). Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Geogebra pada Materi Bilangan Bulat. Aksioma: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(2), 24-31.
M.Guntur., A. M. (2017). Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Matematika Bersuplemen. Eduma : Mathematic Education Learning And Teaching, 6(1), 43-51.
Maulana Arafat L., N. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan dan Sains, 6(02).
Ni Made Dinanti P., I. W. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika dengan Mengontrol Bakat Numerik Siswa. Emasains, 6(2), 153-159.
Nuroeni, R. (2013). Pengembangan Multimedia Komik Pembelajaran Matematika Berbasis Kontekstual Untuk Bahan Ajar Kpk Dan Fpb Pada Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 8(1), 19-35.
DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v4i5.11399
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.