Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa

Sulistyo Winoto, Noviana Dini Rahmawati, Aurora Nur Aini

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan belajar siswa dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif matematisr siswa yaitu tingkat berpikir sangat kreatif, kreatif, cukup kreatif, kurang kreatif, dan tidak kreatif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitiannya adalah siswa SMP N I Kaliori kelas VII. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes kesulitan belajar siswa dalam pemecahan masalah aljabar, angket kesulitan belajar, dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi metode. Hasil penelitian ini menguraikan tentang tingkat kemampuan berpikir krteatif matematis yang terdiri dari lima klasifikasi untuk melihat kesulitan belajar dalam menyelesaikan saal aljabar pada tiap klasifikasi. Lima klasifikasi siswa dengan kemampuan berpikir kreatif tersebut yaitu sangat kreatif, kreatif, cukup kreatif, kurang kreatif, dan tidak kreatif. Selain itu, diuraikan pula faktor internal dan faktor eksternal yang menjadi penyebab kesulitan belajar dalam menyelesaikan soal aljabar.


Keywords


Kesulitan Belajar; Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis; Soal Aljabar

Full Text:

PDF

References


Agustina, E. (2016). Konsep Aljabar yang Terlupakan. Jurnal Edukasi, 2(1), 25–34.

Ayuningtyas, N., & Rahaju, E. B. (2013). Proses Penyelesaian Soal Higher Order Thinking Materi Aljabar Siswa SMP Ditinjau Berdasarkan Kemampuan Matematika Siswa. Mathedunesa, 2(2), 1–9.

Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi 2). Jakarta: Bumi Aksara

Cahirati, P. E. P., Makur, A. P., & Fedi, S. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika yang Menggunakan Pendekatan PMRI. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 227–238.

Cooney, T. J., Davis, E. V., & Henderson, K. B. (1975). Dinamics of Teaching Secondary School Mathematics. Boston: Houghton Mifflin Company.

Dalyono, M. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Dilla, S. C., Hidayat, W., & Rohaeti, E. E. (2018). Faktor Gender dan Resiliensi dalam Pencapaian Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(1), 129-136.

Fadillah, A. (2016). Pengaruh Pembelajaran Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(1), 1-8.

Suherman, E., dkk. (2001). Strategi Belajar Mengajar Kontemporer. Bandung: Depdikbud.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v4i4.12160

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.