Profil Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Kontekstual Matematika Ditinjau Dari Kecerdasan Logis Matematis

Singgih Jati Laksono, Muhammad Saifuddin Zuhri, Lilik Ariyanto

Abstract


Facione (2015) menyatakan bahwa berpikir kritis adalah suatu pemikiran yang memiliki tujuan untuk membuktikan suatu hal , menafsirkan arti sesuatu dan memecahkan suatu masalah. Tujuan dari berpikir kritis yaitu dapat mencapai pemahaman yang mendalam terhadap sesuatu. Kemampuan akan berpikir kritis adalah kemampuan untuk dapat menganalisis fakta, mencetus dan menata gagasan, mengemukakakan pendapat, membuat sebuah perbandingan, pemecahan suatu permasalahan dan menarik kesimpulan. Sedangkan tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam memecahkan masalah kontekstual matematika berdasarkan tingkat kecerdasan logis matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah enam siswa kelas VIII A SMP NEGERI 34 SEMARANG yang masing-masing memiliki kecerdasan logis matematis tinggi, sedang dan rendah. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah instrument utama yaitu peneliti sendiri dan instrumen bantu yang digunakan adalah tes dan wawancara. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis dan wawancara. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi metode yaitu dengan membandingkan hasil tes kemampuan berpikir kritis dengan hasil wawancara dan triangulasi sumber  untuk menggali sebuah kebenaran tentang suatu sumber informasi berita tertentu dapat dicari melalui berbagai metode dan sumber perolehan data. Hasil penelitian menunjukkan: (2) siswa yang memiliki kecerdasan logis matematis tinggi mampu memenuhi semua indikator kemampuan berpikir kritis, (2) siswa yang memiliki kecerdasan logis matematis sedang memenuhi empat indikator kemampuan berpikir kritis namun pada indikator inference dan self-regulation masih kurang memenuhi, dan (2) siswa yang memiliki kecerdasan logis matematis rendah hanya mampu memenuhi tiga indikator yaitu interpretation,analysis,evaluation.

Keywords


Berpikir Kritis; Masalah Kontekstual; Kecerdasan Logis Matematis.

Full Text:

PDF

References


Anderson, Lorin, W. & Krathwohl, R, David. (Eds.). (2015). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ariyanto, L., & Utami, R. E. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif Reflektif dan Kognitif Impulsif. 2(6), 485–491.

Amir, M. F. (2015). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 34.

Ennis, R. H. (2011). The Nature of Critical Thinking: An Outline of Critical Thinking Dispositions and Abilities. Informal Logic, 6(2), 1–8.

Facione, P. A. (2015). Critical Thinking : What It Is and Why It Counts.

Fisher, A. (2007). berpikir kritis. jakarta: erlangga.

Fithriyah, I., Sa’dijah, C., & Sisworo. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya, Knpmp I, 580–590.

Johnson, E. (2007). Contextual Teaching & Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasikkan Dan Bermakna. Bandung: Mizan Media Utama.

Maulidya, A. (2018). Anita Maulidya : Berpikir dan Problem Solving. Ihya Al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 4(1), 11–29.

Muniri. (2013). Karakteristik Berpikir Intuitif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. November, 978–979.

Moleong, L. J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Octaria, D. (2017). Pendidikan Matematika Universitas Pgri. 2004, 181–194.

Snyder, L. G., & Snyder, M. J. (2008). Teaching Critical Thinking and Problem Solving Skills How Critical Thinking Relates to Instructional Design. The Delta Pi Epsilon Journal, 1(2), 90–100.

Sumarno, U., Hidayat, W., Zukarnaen, R., Hamidah, & Sariningsih, R. (2012). Kemampuan Dan Disposisi Berpikir Logis, Kritis, Dan Kreatif Matematik. Jurnal Pengajaran MIPA, 10–27.

Suhendri, H. (2012). Pengaruh Kecerdasan Matematis-Logis , Rasa Percaya Diri , Dan Kemandirian Belajar Terhadap. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, November, 978–979.

Widodo, S. A. (2016). Kesalahan Dalam Pemecahan Masalah Divergensi Pada Mahasiswa Matematika. AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika Dan Matematika Terapan, 4(1).

Yarmayani, A. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas XI Mipa Sma Negeri 1 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 6(2), 12–19.

Zuhri, M. S., & Nursyahidah, F. (2021). Profil Berpikir Kritis dalam Pemecahan Masalah Kontekstual Matematika ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa. 2(5), 339–346.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v5i1.13008

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.