Pengembangan Media Pembelajaran Android Berbantuan Adobe Flash Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Pemecahan Masalah Matematis Siswa

Nisrina Nofia Dewi, Widya Kusumaningsih, Yanuar Hery Murtianto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran android berbantuan adobe flash berbasis Discovery Learning dan mengetahui kelayakan pengembangan media pembelajaran matematika dengan menggunakan program aplikasi Adobe Flash, untuk mengetahui kemenarikan respon siswa terhadap pengembangan media pembelajaran matematika dengan menggunakan adobe flash pada materiย  bentuk aljabar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang diadaptasi dari model pengembangan ADDIE yang meliputi 5 langkah-langkah, yaitu Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Berdasarkan hasil validasi terhadap pengembangan media pembelajaran matematika dengan menggunakan program aplikasi adobe flashย  validasi ahli media dengan presentase kelayakan 83,33% dan validasi ahli materi dengan presentase kelayakan 88,6% media tersebut dinyatakan layak. Media yang dikembangkan di uji cobakan kepada 30 peserta didik. Hasil penelitian ini yaitu media pembelajaran android menggunakan aplikasi adobe flash layak digunakan sebagai media pembelajaran. Keefektifan media terhadap hasil belajar diperoleh rata-rata nilai posttest hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dengan rata-rata nilai sebesar 79,45% lebih baik daripada rata-rata nilai posttest hasil belajar kelas control dengan rata-rata nilai sebesar 70,29%.ย  Jika dilihat dari peningkatannya, hasil perhitungan ๐‘ โˆ’ ๐บ๐‘Ž๐‘–๐‘› pada kelas eksperimen diperoleh ๐‘ โˆ’ ๐บ๐‘Ž๐‘–๐‘› = 0,711, sehingga terdapat peningkatan yang termasuk dalam kategori sedang. Disimpulkan bahwa media pembelajaran android berbantuan Adobe Flash CS6 efektif terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 24 Semarang pada materi bentuk aljabar.


Keywords


Pengembangan; Media Pembelajaran Matematika; Adobe Flash

Full Text:

PDF

References


Anggoro, B. S. (2016). Meningkatkan Kemampuan Generalisasi Matematis Melalui Discovery Learning dan Model Pembelajaran Peer Led Guided Inquiry. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 11-20.

Djamarah, S. B. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rhineka Cipta

Fonna, Nurdianita. Pengembangan Revolusi Industri 4.0 Dalam Berbagai Bidang. Guepedia Publisher, 2019.

Gharini, I. dan Khabibah, S. Pengembangan Aplikasi Mobile Learning sebagai Media Pembelajaran Matematika untuk Materi Peluang. Jurnal Pendidikan Matematika FPMIPA UNNES.

Johar, R. (2014). Model-model Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013 untuk Mengembangkan Kompetensi Matematis dan Karakter Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika tanggal 5 Juni 2014. Banda Aceh.

Kusumaningsih, W., & Marta, R. P. (2016). Pengaruh pembelajaran berbasis masalah dan Discovery Learning terhadap kemampuan representasi matematis siswa SMP. JIPMat, 1(2).

Murtianto, Y. H., & Harun, L. (2014). Pengembangan Strategi Pembelajaran Matematika SMP Berbasis Pendekatan Metakognitif Ditinjau dari Regulasi Diri Siswa. Aksioma 5(2), 76-92.

Nasution, M. I, P. 2016. Strategi Pembelajaran Efektif Berbasis Mobile Learning Pada Sekolah Dasar. Jurnal Iqraโ€™, 1(1)

Purwanti, B. (2015). Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika dengan Model Assure. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan Volume 3, Nomor 1, Januari 2015; 42- 47, 44-45.

Putra, W. D., Nugroho, A. P, dan Puspitarini, E. W. 2016. Game Edukasi Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, 1(1).

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Syah, Muhibbin. 2004. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Tse-Kian, Ken Neo. (2003). Using Multimedia in a Constructivist Learning Environment in the Malaysian Classroom . Australian Journal of Educational Technology. Vol. 19. No 3. Pages 293-310

Wicaksono, S. (2016). The Development Of Interactive Multimedia Based Learning Using Macromedia Flash 8 In Accounring Course. Journal of Accounting and Business Education , 1 (1), 122-139.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v5i1.13082

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematikaย telah terindeks pada:

ย ย ย ย ย ย 

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematikaย byย Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarangย is licensed under aย Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work atย http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.
slot gacor slot