Pengembangan Media Mobile Learning Berbasis Etnomatematika pada Rumah Adat Jawa Tengah

Farichatun Chasanah, Bambang Priyo Darminto, Dita Yuzianah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran berbasis etnomatematika pada rumah adat Jawa Tengah dalam bentuk aplikasi dengan materi bangun ruang sisi datar untuk siswa SMP kelas VIII. Penelitian ini juga bertujuan untuk mencari produk dari segi valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 5 Kebumen tahun pelajaran 2021/2022 dengan jumlah subjek sebanyak 32 siswa. Instrumen yang digunakan adalah validasi, angket respon dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji kevalidan, kepraktisan, dan keefektivan. Setelah dilakukan analisis, penilaian kevalidan produk memperoleh skor rata-rata 3,6 memenuhi kriteria sangat valid, uji kepraktisan memperoleh skor rata-rata 3,5 memenuhi persyaratan sangat praktis, sedangkan uji keefektivan memperoleh persentase ketuntasan sebesar 81% sehingga dikatakan efektif. Berdasarkan hal tersebut dapat dikatakan bahwa media yang dikembangkan dalam penelitian ini layak digunakan dalam proses pembelajaran matematika. 

Keywords


Media; Rumah Adat; Etnomatematika

Full Text:

PDF

References


Agustin, E., & Wintarti, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android pada Materi Pola Bilangan. JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika), 7 (1), 10-2.

Agustin, N., Arum, R., & Titi, A. (2022). Pengembangan Ensiklopedia Digital Berbasis Higher Order Thinking Skills Terintegrasi Karakter. Jurnal Education, 8 (02), 641-648

Astuti, E. P. & Purwoko, R. Y. (2017). Integrating Ethnomathematics in Mathematical Learning Desaign for Elementary Schools. 4th ICRIEMS Proceedings.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (1981-1982). Arsitektur Tradisional Daerah Jawa Tengah. Prasetya Ulah Sakti Bhakti Praja.

Fajriyah, E. (2018). Peran Etnomatematika Terkait Konsep Matematika dalam Mendukung Literasi. PRISMA 1 (Prosiding Seminar Nasional Matematika), 114-119.

Hardiati, S. (2017). Etnomatematika: Aplikasi Bangun Datar Segiempat pada Candi Muaro Jambi. Aksioma, 8 (2), 99-110.

Ibrahim, N., & Ishartiwi, I. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Mata Pelajaran IPA untuk Siswa SMP. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8 (1).

Ingsih, K., Ratnawati, J., Nuryanto, I., & Astuti, S. D. (2018). Pendidikan Karakter: Alat Peraga Edukatif Media Interaktif. Deepublish.

Meihan, A. M. (2020). Media Pembelajaran Sejarah Berbasis Mobile Learning. HISTORIKA, 23 (1), 1-14.

Mulyatiningsih, E. (2016). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Nasryah, C. E., & Rahman, A. A. (2020). Pengaruh Pendekatan Etnomatematika Terhadap KemampuanPemecahan Masalah Matematisdan Motivasi Siswa di SD Aceh Barat. MAJU, 7 (02), 126-140.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 3 (1), 171-187.

Nusaibah, N., & Murdiyani, N. M. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia pada Materi Lingkaran untuk Siswa Kelas VIII SMP. Seminar matematika dan pendidikan matematika UNY.

Putri, I. P., & Sibuea, A. M. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Teknologi Informasi & Informasi dalam Pendidikan, 1 (2), 145-155.

Puspitarini, Y. D., & Hanif, M. (2018). Using Learning Media to Increase Learning Motivation in Elementary School. Anatolian Journal of Education, 4 (2), 53-60.

Rosa, M., D’Ambrosio, U., Orey, D. C., Shirley, L., Alangui, W. V., Palhares, P., & Gavarrete, M. E.. (2016). Current and Future Perspectives of Ethnomathematics as A Program. Hamburg: Springer Open.

Wahid, A., Handayanto, A., & Purwosetyono, F. X. D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Etnomatematika Menara Kudus Menggunakan Adobe Flash Professional CS 6 pada Siswa Kelas VIII. Diakses dari https://www.researchgate.net/ pada tanggal 27 November 2021

Wasliyah, H. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning pada Materi Blow Vertical Berbasis Android di SMK Negeri 6. Jurnal Tata Rias, 8 (3), 50-55.

Winarno, A., dkk. (2009). Teknik Evaluasi Multimedia Pembelajaran Panduan Lengkap Untuk Para Pendidik dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: Genius Prima Media.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v5i2.13503

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.