Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis

Widya Aulia Ashari, Lukman Harun, Supandi Supandi

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah untuk menegtahui apakah ada perbedaan keefektifitasan dan nilai rata-rata pada model pembelajaran Discovery Learning dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif  matematis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini True Experimental. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMP yang berjumlah dua kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan  purposive sampling, kelas VIII  A sebagai kelas eksperimen dan VIII D sebagai kelas kontrol. Dalam penelitian ini yang menjadi variabel bebas adalah model pembelajran Discovery Learning, pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dan pembelajaran konvensional, sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan berpikir kreatif matematis. Data diperoleh melalui nilai UAS Smester dua dan nilai PostTest kemudian diolah dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji peningkatan (N-Gain) dan uji T-tes. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu 0,3 ≤ g ˂ 0,7 kemudian  ditolak dan  diterima. Sehingga ada perbedaan kefektifitasan dan nilai rata-rata berpikir kreatif matematis siswa kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol. Dari penjelasan diatas, maka model pembelajaran Discovery Learning dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) lebih baik daripada model pembelajaran konvensional untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis.


Keywords


Discovery Learning; Realistic Mathematics Education (RME); Berpikir Kreatif Matematis

Full Text:

PDF

References


Agus Junsion Naibaho. (2019). Peningkatan Sikap Positif Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dengan Pendekatan RME Pada Materi Aritmatika Sosial Di Kelas VII SMP Swasta Trisakti Pematangsiantar. Jurnal Edumatsains, 3(2), 199–214.

Ayadiya, N. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Scientific Approach Untuk Meningkatkan Keterampilan. Http://Lib.Unnes.Ac.Id/23161/1/4301410015.Pdf

Dea, W. A., Prasetyo, E., & Rahmawati, T. D. (2021). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. 2(2), 141–148.

Himawan, H., Nengah Parta, I., Qohar, A., & Nusantara, T. (2020). Hambatan Berpikir Kreatif Pada Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 8(2), 72–76. Http://Journal.Uny.Ac.Id/Index.Php/Jpms

Isrok’atun, & Rosmala, A. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika. Pt. Bumi Aksara.

Mawaddah, N., Kartono, & Suyitno, H. (2015). Unnes Journal Of Mathematics Education Research Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Pendekatan Metakognitif Untuk Meningkatkan Metakognisi Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Abstrak. 4(1), 10–17.

Raisinghani, V. T. (2016). Discovery Learning With Student Defined Problems. Mumbai, India.

Rudyanto, H. E. (2014). Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Saintifik Bermuatan Karakter Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. 3, 41–48.

Saefuddin, A., & Berdiati, I. (2014). Pembelajaran Efektif. Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v5i2.13693

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.