Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Bertipe Higher Order Thinking Skills Ditinjau Dari Gaya Belajar Dan Gaya Kognitif
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ario, M. (2016). Analisis kemampuan penalaran matematis siswa SMK setelah mengikuti pembelajaran berbasis masalah. Edu Research, 5(2), 125-134.
Basir, M. A., & Maharani, H. R. (2016, May). Reasoning Ability Students in Mathematics Problems Solving Viewed from Cognitive Style. In The 2nd International Seminar on Educational Technology (Vol. 99).
De Porter, B., & Hernacki, M. (2000). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan (cetakan II).
De Porter, B., & Hernacki, M. (2015). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan, ed. ke 1. Terjemahan: Alwiyah Abdurrahman & Sari Meutia. Bandung: Kaifa.
De Potter, B. & Hernacki, M. (2013). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.
Faisal, F., Srimuliati, S., Ulya, K., & Damayanti, L. (2023). Profil Penalaran Matematis Siswa Berdasarkan Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 7(1), 94-109.
Fauziah, N., Sunaryo, Y., & Ruswana, A. M. (2021). Analisis kemampuan penalaran matematis berdasarkan gaya belajar Siswa. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 2(3), 119-124.9888
Handayani, E., & Ratnaningsih, N. (2019, November). Kemampuan Penalaran Matematik Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar Kolb. In Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers.
HINDUN, H., Theis, R., & Winarni, S. Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Gaya Belajar Visual dan Auditori Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Segiempat Siswa SMP Kelas VII. UNJA.
Kusumawardani, D. R., Wardono, W., & Kartono, K. (2018, February). Pentingnya Penalaran Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 588-595).
Miles, M. B. D. A. (1992). Michael Huberman. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode–metode Baru, 2829-0747.
Rozencwajg, P., & Corroyer, D. (2005). Cognitive processes in the reflective-impulsive cognitive style. The Journal of genetic psychology, 166(4), 451-463.
Rozencwajg, P., Aliamer, V., & Ombredane, E. (2009). Le fonctionnement cognitif d’enfants atypiques à travers leur QI. Pratiques psychologiques, 15(3), 343-365.
Rozencwajg, Paulette & Corroyer, Denis. (2005). Cognitive Processes in the Refl ective-Impulsive Cognitive Style. The Journal of Genetic Psychology, 2005, 166(4), 451 – 463.
Sayuri, M., Yuhana, Y., & Syamsuri, S. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Ditinjau dari Gaya Belajar. Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika, 1(4), 403-414.
Sayuri, M., Yuhana, Y., & Syamsuri, S. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Ditinjau dari Gaya Belajar. Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika, 1(4), 403-414.
Shadiq, F. (2004). Pemecahan masalah, penalaran dan komunikasi. Yogyakarta: PPPG Matematika, 2.
Sholihah, N. (2023). ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 RAMBIPUJI DALAM MENYELESAIKAN SOAL BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA MATERI PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL DITINJAU DARI GAYA BELAJAR (Doctoral dissertation, UIN KH Achmad Siddiq Jember).
Touwa, E. K. (2019). PROFIL PENALARAN MATEMATIKA SISWA PADA MATERI SEGITIGA KELAS VII SMP DI TINJAU DARI GAYA KOGNITIF.
Warli, W. (2014). Kreativitas Siswa SMP yang Bergaya Kognitif Reflektif atau Impulsif dalam Memecahkan Masalah Geometri. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP), 20(2), 190-201.
Warli. (2010). “Profil Kreativitas Siswa yang Bergaya Kognitif Reflektif dan Siswa yang Bergaya Kognitif Impulsif dalam Memecahkan Masalah Matematika”. Disertasi. PPs UNESA Surabaya.
Warli. 2008. Pentingnya Memahami Gaya Kognitif Impulsif-Reflektif bagi Guru. Majalah Ilmiah Sain dan Edukasi, Vol.6, No. 2 Juli 2008. Lembaga Penelitian IKIP PGRI Jember.
Warli. 2009. Pembelajaran Kooperatif Berbasis Gaya Kognitif Reflektif-Impulsif (Studi Pendahuluan Pengembangan Model KBR-I). Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, (Online), (http:eprints.uny.ac.id, Diakses 20 Juni 2017)
Widjaya, W. (2010). Design Realistic Mathematics Education Lesson. In Disajikan dalam Seminar Nasional Unsri (Vol. 1).
Zuhri, M. S. (2013). Karakteristik penalaran siswa kelas xi sekolah menengah atas tentang sampel yang memiliki kemampuan matematika rendah. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(1/MARET).
DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v5i5.16653
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.