Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Berbantu Aplikasi Mit App Inventor Materi Aritmatika Sosial untuk Siswa Kelas VII

Qumairoh Dwi Safitri, Lilik Aryanto, Aurora Nur Aini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetaui pengembangan media pembelajaran Mit App Inventor dilihat dari hasil belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hassil observasi pada studi pendahuluan yaitu dibutuhkannya modifikasi desaind pembelajan matematika yang menarik salah satunya media pembelajaran. Pengembangan system komonen utamanya Mit App Inventor pendukung dalam aplikasi ponsel berbasis Android. Tujuan dari dilakukanya penelitian ini adalah untuk memperoleh media pembelajaran yang layak digunakan, efektif, dan praktis. Jenis metode yang digunakan pada penelitian ini adalah ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu Analysis (Analisis), Design (Desaind), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Populasi dalam penelitian iniadalah siswa kelas VII SMPN 26 Semarang dengan menggunakan metode penelitian pree- experimental design dengan desaind penelitian one group pretest – posttest design. Hasil pengembangan dinyatakan bahwa Aplikasi Mit App Inventor pada materi Aritmatika Sosial valid digunakan berdasarkan perolehan validasi oleh ahli media 81,5%, ahli materi 79%, dan uji keterbacaan produk 90,4%, selain itu Aplikasi Mit App Inventor pada materi aritmatika sosial dinyatakan efektif digunakan karena adanya peningkatan pada rata-rata nilai siswa, berdasarkan perolehan rata-rata pretest siswa sebesar 46,9 dan rata-rata posttest diperoleh sebesar 73,2 Hasil Uji N gain juga menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil preetest dan posttest sebesar 0.48 yang diartikan adanya peningkatan dengan kategori sedang. Media Aplikasi Mit App Inventor materi aritmatika sosial praktis digunakan berdasarkan pada perolehan analisis sebesar 91% Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan, maka dapat disimpulkan bahwa media ajar Mit APP Inventor materi aritmatika sosial yang telah layak digunakan oleh siswa.

Kata Kunci : Pengembangan, Mit App Inventor dan hasil belajar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v6i1.16835

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.