Analisis Kemampuan Literasi Matematika pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Semarang

Mirna Wati, Sugiyanti Sugiyanti, Muhtarom Muhtarom

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan literasi matematika pada siswa SMP Negeri 6 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan pendekatan deskriptif. Pengambilan data dilakukan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Semarang pada tahun ajaran 2018/2019. Pemilihan subjek berdasarkan tingkat kemampuan matematis. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan wawancara. Hasil penelitian didapatkan bahwa siswa dengan kemampuan matematis kategori tinggi mampu melakukan tahapan proses literasi matematika dengan baik namun belum maksimal yaitu mengidentifikasi aspek matematika dari suatu konteks masalah dikehidupan nyata dan mengidentifikasi variabel yang diketahui; menentukan model matematika dan menyederhanakan masalah; merancang dan menerapkan strategi untuk mencari solusi; menentukan fakta, prosedur, algoritma dan model matematika ketika mencari solusi; merefleksikan, menjabarkan dan menentukan hasil matematika; menafsirkan hasil matematika dan mengevaluasi solusi matematika ke dalam konteks kehidupan nyata.

Keywords


Analisis; Kemampuan Literasi; Literasi Matematika

Full Text:

PDF

References


Aini, Rahmawati Nur., & Siswono, Tatag Yuli Eko. (2014). Analisis Pemahaman Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Masalah Aljabar Pada PISA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Mathedunesa, Vol. 3 No. 2 Tahun 2014. hal 158-164. Fakultas MIPA, Universitas Negeri Surabaya.

OECD. 2013. PISA (2012) Assessment and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy. Paris: OECD Publishing.

OECD. 2016. PISA (2015) Results in Focus. Paris: OECD Publishing.

Putrawangsa, M. d. (2017). Kemampua Literasi Matematika Siswa SMP Ditinjau Dari Gaya Belajar. jurnal tadris matematika, 222-240.

Sari, Rosalia Hera Novita. 2015. Literasi Matematika: Apa, Mengapa dan Bagaiman? Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Yogyakarta, ISBN 978-602- 73403-0-5. Diunduh 4 Oktober 2017.

Setiawan, Harianto, dkk (2014). Soal Matematika Dalam PISA Kaitannya Dengan Literasi Matematika dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Prosiding Seminar Nasional Matematika, Universitas jember.

Stacey, Kaye. (2011). The PISA View Of Mathematical Literacy In Indonesia. IndoMS. J.M.E, Vol.2, No.2, Hal 95-126.

Yunus Abidin, T. M. (2017). Literasi Matematis dan Pembelajarannya. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i5.4456

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.