Pengembangan E-modul dengan Pendekatan Kontekstual pada Materi Bilangan Bulat SMP Kelas VII

Hanna Zakiyah, Djoko Purnomo, Sugiyanti Sugiyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-moduldengan pendekatan kontekstual pada materi bilangan bulat SMP kelas VII. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development. Pada penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE dimana dalam tahapannya terdiri dari lima tahapan yaitu analysis, design, development, implementation, evaluation.Sebelum di uji cobakan e-modulterlebih dahulu di validasi oleh ahli media dan ahli materi. Selain itu juga ada angket tanggapan siswa mengenai media tersebut. Hasil dari validasi ahli media, ahli materi, dan angket tanggapan siswa berkriteria sangat baik dan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Perhitungan analisis akhir dengan mengunakan uji-t pihak kanan, diperoleh rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan analisis akhir dengan menggunakan uji-t pihak kanan, diperoleh nilai   yaitu 3.8963 > 2 maka H0ditolak, artinya rata-rata nilai kelas eksperimen lebih baik daripada rata-rata nilai kelas kontrol. Hal ini ditujukkan dengan perolehan rata-rata kelas eksperimen sebesar 78.75 dan kelas kontrol sebesar 65.2, artinya e-moduldengan pendekatan kontekstual pada materi bilangan bulat efektif digunakan saat pembelajaran. berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran yang menggunakan e-moduldengan pendekatan kontesktual pada materi bilangan bulat SMP kelas VII layak (valid) digunakan dan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan e-moduldengan pendekatan kontekstual lebih baik daripada siswa yang tidak menggunakan e-modul dengan pendekatan kontekstual.

Keywords


E-modul; Pendekatan Kontekstual; Bilangan Bulat; ADDIE

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2015). Dasar - dasar Evaluasi Pendidikan . Jakarta: Bumi Aksara .

Arziah, F. (2016). Pengembangan Majalah Matematika Berbantu Flipbook Maker dengan pendekatan Kontekstual pada Materi Fungsi Siswa SMP Kelas VIII. Unplished Skripsi. Universitas PGRI Semarang

Manullang, J.V.M (2016). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Konstruktivisme Berbantuan Wondershare Quiz Creator Pada Sekolah Menegah Pertama. Unpublished Skripsi. Semarang: Universitas PGRI Semarang

Prihastutik, L.N (2016). Pengembangan Bahan Ajar Berbentuk Majalah Matematika dengan Pendekatan RME pada Materi Bilangan Bulat SMP Kelas VII. Unpublished Skripdi. Universitas PGRI Semarang

Sudjana. (2005). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wijayanto, & Zuhri, M. S. (2014). Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook Maker dengan Model Project, ISBN 978-602-0960-00-5. Semarang:Universitas PGRI Semarang.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: pustaka Setia.

Rusman. (2014 ). Model - model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i6.4855

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.