Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning dan Team Assisted Individualization Berbantu Camtasia terhadap Prestasi Belajar Siswa

Amalia Mivarda Prameswari, Sudargo Sudargo, Dina Prasetyowati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Discovery Learningdan Team Assisted IndividualizationberbantuCamtasia terhadap prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 9 Semarang tahun ajaran 2018 / 2019. Sampel yang digunakan penelitian ini sebanyak 4 kelas dari seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 9 Semarang yaitu kelas VII-A sebagai kelas eksperimen 1, kelas VII-F sebagai kelas eksperimen 2, kelas VII-B sebagai kelas kontrol dan kelas VII-C sebagai kelas uji coba. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan dengan uji anava arah, uji t satu pihak kanan, uji t dua pihak, uji proporsi satu pihak kiri dan uji regresi linear sederhana. Kesimpulan penelitian ini yaitu (1) terdapat perbedaan rata-rata prestasi belajar siswa yang menggunakanmodel pembelajaran Discovery Learningberbantu Camtasia, model pembelajaran Team Assisted IndividualizationberbantuCamtasia dan  model pembelajaran konvensional (2) prestasi belajar siswa yang menggunakanmodel pembelajaran Discovery Learningberbantu Camtasialebih baik daripada model pembelajaran konvensional (3) prestasi belajar siswa yang menggunakanmodel pembelajaran Team Assisted Individualization berbantuCamtasialebih baik daripada model pembelajaran konvensional (4) Tidak terdapat perbedaan rata-rata prestasi belajar siswa yang menggunakanmodel pembelajaran Discovery Learningberbantu Camtasiadengan model pembelajaran Team Assisted IndividualizationberbantuCamtasia (5) Prestasi belajar siswa yang menggunakanmodel pembelajaran Discovery Learningberbantu Camtasia telah mencapai kriteria ketuntasan minimal (6) prestasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualizationberbantu Camtasiatelah mencapai kriteria ketuntasan minimal (7) terdapat pengaruh aktivitas belajar yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learningberbantu Camtasiadan model pembelajaran Team Assisted Individualizationberbantu Camtasiaterhadap prestasi belajar siswa.

Keywords


Discovery Learning; Team Assisted Individualization; prestasi belajar siswa

Full Text:

PDF

References


Adi, Arista Prasetyo. 2014. Menjadi Pembuat Film Andal Dengan Camtasia Studio 8. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Hariyati, Endang dkk. 2013. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan Problem Based Learning (PBL) pada Prestasi Belajar Matematika ditinjau dari Multiple Intelligences Siswa SMP Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika Vol.1.No 7. Hal 721 – 731, December 2013.

Meilasari, Venty dkk. 2016. Eksperimental Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI), Group Investigation (GI), dan Pembelajaran Langsung pada Materi Persamaan Garis Lurus ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri Se-Kota Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016. Journal of Mathematics and Mathematics Education Vol 6. No 1. Hal 47-56, Juli 2016.

Prasetyowati, Dina. "Efektivitas Pembelajaran Matematika Berbasis Humanistik dengan Pendekatan Konstruktivisme Berbantuan Cd Interaktif Materi Segi Empat Kelas VII." AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika4.2/Septembe (2013).

Rohmatullah. Pengaruh Model Pembelajaran PBL dan Discovery Learning Berbantuan Media CD Interaktif terhadap Prestasi Belajar Materi Pokok Segi Empat Kelas VII MTS Al-Miftah Sindang Jaya Tahun Pelajaran 2015/2016.

Sugiyono. 2013. Statistika untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i6.4856

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.