Penggunaan Structural Equation Modeling (SEM) untuk Mengetahui Pengaruh Kebiasaan Mengakses Media Sosial terhadap Minat Belajar Siswa

Elfitri Lidwina Praditasari, Agung Handayanto, Dewi Wulandari

Abstract


Minat belajar merupakan hal yang memiliki peran penting dalam tinggi rendahnya hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecanduan mengakses media sosial terhadap minat belajar siswa SMA Negeri 11 Semarang. Mengakses media sosial merupakan salah satu dari sekian banyak kemungkinan yang dapat mempengaruhi minat belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modeling. Variabel laten dalam penelitian ini adalah kecanduan media sosial (x) dan minat belajar (y) sedangkan variabel teramati dalam penelitian ini adalah semua indikator dari masing-masing variabel laten yang terdirin dari 8 variabel teramati untuk variabel laten kecanduan media sosial (x) dan 6 variabel teramati untuk variabel laten minat belajar (y). Sehingga total variabel laten adalah 14 sehingga jumlah sampel minimal yang harus peneliti ambil adalah 14 x 10 = 140 sampel. Pengambilan sampel menggunakan Teknik simple random samplingyang melibatkan 202 siswa sebagai sampel, jumlah ini sudah memenuhi minimal jumlah sampel yang peneliti tentukan. Dalam penelitian ini diperoleh model yang cukup baik dilihat dari setiap uji kecocokan kecocokan model pengukuran dan Uji Kecocokan Model Struktural. Dalam penelitian ini peneliti menghapus 3 variabel teramati. Dari hasil estimasi disimpulkan bahwa kecanduan media sosial memiliki pengaruh negatif yang tidak signifikan terhadap minat belajar siswa SMA Negeri 11 Semarang. Dimana semakin tinggi siswa kecanduan mengakses media sosial akan berpengaruh pada rendahnya minat belajar siswa, begitupun sebaliknya. 

Keywords


Structural Equation Modeling; kecanduan media sosial; minat belajar

Full Text:

PDF

References


Acmad, Aslam. 2017. Pengaruh antara Penggunaan Media Sosial terhadap Prestasi Belajar pada Siswa SMA Negeri 1 Enrekang dan MA Muhammadiyah Kalosi, Kabupaten Enrekang Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Makassar: Universitas Hasanuddin Makassar.

Dalyono. 2010. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka cipta.

Emzir. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif Edisi Revisi. Jakarta: Rajawalii Pers.

Ghozali, Imam & Fuad. 2008. Structural Equation Modeling Teori, Konsep, dan Aplikasi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Narimawati, Umi & Jonathan. 2007. Structural Equation Modeling (SEM) dalam Riset Ekonomi: Menggunakan LISREL. Yogyakarta: Gava Media.

Nasrullah, Rulli. 2017. Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.

Pibriana, Desi & Ricoida D.I. 2017. Analisis Pengaruh Penggunaan Internet terhadap Minat Belajar Mahasiswa (Studi Kasus: Perguruan Tinggi di Kota Palembang). Jurnal Sistem Informasi, 3(2).

Widiyasaari, Ririn & Mutiarani. 2017. Penggunaan Metode Structural Equation Modeling untuk Analisis Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Mahasiswa FIP UMJ. Jurnal Pendidikan Matematikadan Matematika, 3(2).

Wijanto, S.H. 2008. Structural Equation Modeling Dengan LISREL 8.8: Konsep Dan Tutorial. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Young, Kimberly. 1996. Internet Addiction: The Emergence Of a New Clinical Disorder. Paper. Kanada: CyberPsychology and Behavior, 1(3).

Yusuf, Nalim. Analisis Structural Equation Modeling pada Pengaruh Kebiasaan Mengakses Facebook terhadap Kualitas Hidup dan Prestasi Akademik Mahasiswa. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Pekalongan: STAIN Pekalongan.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i6.4858

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.