Pemahaman Guru Terhadap Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Matematika
Abstract
Pendidikan karakter merupakan upaya untuk menciptakan karakter pribadi yang berguna untuk diri sendiri maupun untuk orang lain. Pada hakikatnya pendidikan di sekolah tidak hanya menghasilkan peserta didik yang pandai dalam hal ilmu pengetahuan namun juga harus menciptakan generasi yang berkarakter. Salah satu mata pelajaran wajib di sekolah adalah matematika yang merupakan mata pelajaran yang dapat diintegrasikan terhadap pendidikan karakter. Melalui pembelajaran matematika, dapat ditanamkan pendidikan karakter pada peserta didik. Subjek dalam penelitian ini adalah dua guru dan dua siswa kelas XI SMA Negeri 2 Pemalang, melalui observasi dalam proses pembelajaran, tes wawancara untuk guru dan siswa serta dokumentasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah 3 kali yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian pemahaman guru terhadap pendidikan karakter dalam pembelajaran matematika bahwa tugas guru tidak hanya mencerdaskan siswa namun juga mendidik siswa supaya memiliki karakter yang baik. Guru bertanggung jawab untuk menjadi teladan bagi siswa untuk bersikap baik. Dalam perencanaan pembelajaran guru menyisipkan nilai-nilai karakter yang akan ditanamkan kepada siswa. Saat proses pembelajaran berlangsung guru menerapkan nilai pada pendidikan karakter.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asmani, Jamal Makmur. 2011. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter Di Sekolah. Jogjakarta: Diva Press.
Berkowitz, Marin W. (2002). The Science of Character Education. In Damon, William (Ed). Bringing in a New Era in Character Education. Stanford, CA: Hoover Institution Press, Stanford University.
Erman, Suherman. 2003. Common Text Book: Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA-Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).
Gie, The Liang. 1999. Filsafat Matematika. Yogyakarta: Pusat Belajara Ilmu Berguna
Isna Aunillah, N. 2011. Panduan Menerapkan Pendidikan Karakter di Sekolah. Jogjakarta: Laksana.
Mulyasa, E. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Raka, Gede dkk. 2011. Pendidikan Karakter di Sekolah; dari Gagasan ke Tindakan. Jakarta: Elek Media Komputindo.
Sanjaya, W. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta. Kencana Media Grup.
Sujadi, Imam. 2011. Pengembangan Pendidikan Karakter Bangsa Melalui Pembelajaran Matematika. [on-line]. Avaiable: http://imamsjd.blogspot.com/2011/08/pengembangan-pendidikan-karakter-bangsa.html [1 Agustus 2020]
Suyanto, 2010. Model Pembinaan Pendidikan Karakter di Lingkungan Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Taniredja, Tukiran, dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas, Untuk mengembangkan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Undang-Undang RI Nomor 17 tentang RPJPN
Utami, R. E., Nugroho, A. A., Dwijayanti, I., & Sukarno, A. (2018). Pengembangan e-modul berbasis etnomatematika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(2), 268-283.
Wulansari, M. D., Purnomo, D., & Utami, R. E. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa Kelas VIII dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar Visual dan Auditorial. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(6), 393-402.
Yuliana, Ovi. 2013. Pendidikan Karakter Pada Proses Pembelajaran Matematik Kelas X SMA Negeri 1 Juwana Kabupaten Pati. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Zammilah, Rifka. 2011. Penanaman Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Matematika Menuju Pribadi Manusia Indonesia Seutuhnya. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY. 3 Desember 2011. Yogyakarta, Indonesia. HAL 401-410.
Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana.
DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v4i1.8105
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.