Profil Kemampuan Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Persamaan Linear Menurut Polya Ditinjau dari Self Confidence Siswa

Indah Atika Sari, Rasiman Rasiman, Rizky Esti Utami

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kemampuan SMP dalam memecahkan masalah persamaan linear menurut Polya ditinjau dari Self Confidence siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Manggar yang berjumlah 15 siswa. Dari kelas tersebut kemudian dipilih 3 siswa yang mewakili kempok Self Confidence tinggi, sedang, dan rendah untuk dijadikan subjek wawancara. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu angket Self Confidence ,tes kemampuan pemecahan masalah persamaan linear yaitu materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV), pedoman wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) kemampuan pemecahan masalah persamaan linear siswa dengan tingkat Self Confidence tinggi mampu memenuhi indikator 1, 2, 3, dan 4 pemecahan masalah menurut Polya; 2) Kemampuan pemecahan masalah persamaan linear dengan tingkat Self Confidence sedang hanya memenuhi indikator 1 dan 2 pemecahan masalah menurut Polya; 3) Sedangkan kemampuan pemecahan masalah persamaan linear dengan tingkat Self Confidence  rendah tidak mampu memenuhi indikator 1, 2, 3 maupun 4 pemecahan masalah menurut Polya.


Keywords


Kemampuan Pemecahan Masalah Persamaan Linear; Polya; Self Confidence

Full Text:

PDF

References


Ali., HR., Yenita Roza, Maimunah. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Siswa Ditinjau dari Self Confidence Siswa MTs. Jurnal Pendidikan Matematika APOTEMA. 6 (1): 34-43.

Dwijayanti, I., Utami, R. E., & Budiman, M. A. (2017) Profil Kesadaran Belajar Mahasiswa Berkemampuan Pemecahan Masalah Tinggi Pada Matakulian Analisis. Media Penelitian Pendidikan. 11(1) : 1-6.

Fauziah., et al .(2018). Hubungan Self Confidence Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. 1 (5): 881-886.

Hartono., et al. (2020). Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Self Confidence Siswa. Journal Of Education and Learning Mathematics Research (JELMaR). 1(1) : 25-32.

Hendriana, H. (2012). Pembelajaran Matematika Humanis dengan Metaphorical Thinking untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika . 1(1) : 90-103.

Hendriana, H., & Utara, S.(2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Juliansah, et al. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas X dalam Mengerjakan Soal Cerita pada Siswa Tipe Kepribadian Ekstrovert dan Introvert. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. 1(5) : 133-137.

Rasiman, R., & Utami, R. E .(2019). Efektivitas Model Pembelajaran Numbered Head Together Berbantuan Prezi Terhadap Kemamouan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas X di SMK TEXMACO Pemalang. SENATIK, 335-339.

Vina, A., Niniwati, & Amelia, (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Self Confidence Siswa SMPN 3 IV Koto Aur Malintang. Universitas Bung Hatta.

Ramdan, Muh Zaenal., et al. (2018). Analisis Self Confidence Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis SISWA SMK pada Materi Barisan dan Deret. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro.7(2) : 171-179.

Shabrina, A., Rasiman, R., & Utami, R. E. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperatig, Transfering) Berbantu Geogebra Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP. SENATIK , 146-151.

Sugiyono. (2016). Metodologi Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Ulvah, Shovia., & Ekasatya, A. A. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau Melalui Model Pembelajaran SAVI dan Konvensional. Jurnal Riset Pendidikan. 2(2) : 142-153.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v4i1.8619

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.