Pengaruh Model Pembelajaran Means-End Analysis (MEA) dan Mind Mapping Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VIII

Astri Wulandari, Lilik Ariyanto, Sutrisno Sutrisno

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Alternatif pembelajaran terhadap kemampuan penalaran matematis adalah dengan menerapkan model pembelajaran Means-End Analysis, model pembelajaran Mind Mapping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Mengetahui adanya perbedaan rata-rata kemampuan penalaran matematis siswa dengan model pembelajaran Means-End Analysis, model pembelajaran Mind Mapping, dan pembelajaran konvensional dengan model Direct Learning. (2) Mengetahui kemampuan penalaran matematis siswa menggunakan model pembelajaran Means-End Analysis lebih baik dari pembelajaran konvensional dengan model Direct Learning. (3) Mengetahui kemampuan penalaran matematis siswa menggunakan model pembelajaran Mind Mapping lebih baik dari pembelajaran konvensional dengan model Direct Learning. (4) Mengetahui adanya perbedaan rata-rata kemampuan penalaran matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Means-End Analysis, dengan yang menggunakan model pembelajaran Mind Mapping. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Kedungtuban tahun pelajaran 2020/2021. Sampel yang diambil adalah kelas VIII A, VIII B, dan VIII C dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dokumentasi dan tes. Teknik analisis data dengan anava satu arah dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian diperoleh bahwa: Tidak terdapat perbedaan rata-rata kemampuan penalaran matematis siswa antara yang diajarkan dengan model pembelajaran Means-End Analysis (MEA), model pembelajaran Mind Mapping dan model pembelajaran konvesional (Direct Learning).


Keywords


Pengaruh; Model Pembelajaran Means-End Analysis; Model Pembelajaran Mind Mapping; Kemampuan Penalaran Matematis

Full Text:

PDF

References


Adodo, S. O. 2013. Effect of Mind-Mapping as a Self-Regulated Learning Strategy on Students’ Achievement in Basic Science and Technology. Mediterranean Journal of Social Sciences, 4(6).

Buhaerah. 2011. Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP. Gamatika, 2(1).

Buzan, T. 2008. Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Dody, A., Sri, M., dan Elfi, S, 2014. Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Mapping Dan Kemampuan Memori Siswa Terhadap Prestasi Belajar Kimia Pada Pokok Bahasan Hukum-Hukum Dasar Kimia Pada Siswa Kelas X Semester Gasal Di SMA Negeri 1 Mojolaban Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia, 3(3).

Harto, T., Agung, G., dan Citra, I M. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) dengan Setting Belajar Kelompok Berbantu LKS Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV di SD Desa Bebetin. e-Jurnal Mimbar PGSD, 2(1).

Kartika, A. 2016. Eksperimen Pembelajaran Matematika Dengan Model Pembelajaran MEA Terhadap Hasil Belajar Siswa Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah, (Online),(https://core.ac.uk/download/pdf/148611954.pdf/, diakses 29 Maret 2021).

Kilpatrick, J., Swafford, J., dan Findell, B. 2001. Adding It Up: Helping Children Learn Mathematics. Washington DC: National Academy Press.

Liestianti, P., Windayana, H., dan Umar. 2016. Pengaruh Model Means-Ends Analysis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal PGSD Kampus Cibiru, 4(3).

McDermott, D. V. 1996. A Heuristic Estimator for Means-Ends Analysis in Planning. Dalam American Institute of Physics Style (AIPS) 1996 Proceedings (hlm. 142-149). New Haven: Yale University.

Mulyana, A., dan Sumarmo, U. (2015). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematik dan Kemandirian Belajar Siswa SMP Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Didaktik, 9(1).

Ngalimun. 2014. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Nurhadi, M. 2017. Pengaruh Strategi Means-Ends Analysis dalam Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 10(1).

Republik Indonesia. 2003. Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Lembaran Negara RI Tahun 2003, No. 4301. Sekretaris Negara Republik Indonesia. Jakarta.

Saniyah, Triyono, dan Ngatman. 2013. Penerapan Model Mind Map dalam Peningkatan Hasil Belajar PKN Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Kalam Cendikia PGSD Kebumen, 1(4).

Sumarmo, U. 2016. Pedoman Pemberian Skor Pada Beragam Tes Kemampuan Matematik, (Online),(https://alhifnie.wordpress.com/2010/11/13/cara-penulisan-daftar-pustaka-dari-internet-buku-artikel-jurnal-koran/, diakses 10 Juli 2017).

Sunarman, A., Suniasih, Ni W., dan Putra, I M. 2015. Model Pembelajaran Mind Mapping Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus 2 Luwus-Mekarsari. Mimbar PGSD, 3(1).

Voss, R., dan Gruber, T. (2006). The Desired Teaching Qualities of Lecturers in Higher Education: A Means-End Analysis. Quality Assurance in Education, 14(3).




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v4i1.8694

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.